Gedung Bedah Sentral Terbesar di Sumatera Ternyata Ada di Pekanbaru. Ini Dia

Gubernur-Andi-Rachman-Tinjau-Gedung-Kanker-Terpadu.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Bertepatan dengan Hari Jadi Ke-60 Provinsi Riau, Gubernur Riau, Arsyadjuliandi Rachman, meresmikan Gedung Bedah Sentral Terpadu (GBST) milik Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Pekanbaru.

Gedung ini digadang-gadangkan merupakan bangunan dengan fungsi bedah sentral terpadu terbesar dan terlengkap di Pulau Sumatera.

"Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memberikan pelayanan terbaik di kesehatan kepada masyarakat. Saya harap RSUD bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," kata Andi Rachman, sapaan Gubernur Riau, Rabu, 9 Agustus 2017, saat peringatan HUT Ke-60 Provinsi Riau. 

Baca Juga: 

Sate Padang Dan Es Tebak, Dua Hal Disukai Luhut Panjaitan-Nurmala Kartini

Tahniah 60 Tahun Provinsi Riau, Ini Sejarah Pembentukkannya (1)

Andi Rachman mengatakan, dengan diresmikannya bangunan ini, masyarakat Riau mendapat pengobatan serta perawatan dalam berbagai kondisi. Harapannya, warga tidak perlu lagi ke luar negeri untuk menjalani pengobatan.

Pembangunan Gedung Bedah Sentral Daerah Terpadu (GBST) ini menggunakan share budget antara APBD Provinsi Riau dengan APBN Pusat. GBST RSUD Arifin Achmad ini juga diklaim dapat memberikan pelayanan operasi masih jarang, bahkan belum dapat dilakukan pada rumah sakit lainnya di Pekanbaru.

Peresmian Gedung Bedah Daerah Terpadu RSUD Arifin Achmad

 

"Benar, gedung ini merupakan bangunan dengan fungsi bedah sentral terpadu terbesar dan terlengkap untuk di Sumatera," kata Direktur RSUD Arifin Achmad dr Nuzelly Husnedi.

Ia menjelaskan, di lantai Basement, mereka manfaatkan untuk ruang Central Sterile Supply Departmen (CSSD) atau instalasi mensterilkan peralatan diperlukan bagi pelayanan.

 

Sementara untuk lantai dasar (ground) dimanfaatkan sebagai ruang administrasi dan kamar operasi minor serta unit layanan infertility (masalah kesuburan).

"Jika kita naik lagi menuju lantai 1 gedung ini, dapat difungsikan perawatan intensif, Intensive care unit (ICU) dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU)," tuturnya. 

Klik Juga: 

Warga Riau Jangan Keluar Negeri, RSUD Arifin Achmad Layani Penyakit Jantung

Kini, RSUD Arifin Achmad Layani Penyakit Jantung Dan Pembuluh Darah

Pada lantai 2 dan 3 dipergunakan untuk ruang operasi bagian bedah, terdiri dari Bedah Umum, Bedah Anak, Bedah Orthopaedi, Bedah Saraf, Bedah Digestif, Bedah Urologi, Bedah Digestif, Bedah Onkologi (tumor), Bedah Jantung dan pembuluh darah, Bedah Plastik dan Bedah Kepala Leher.

GBST RSUD Arifin Achmad ini telah didukung lebih dari 50 dokter spesiasialis dan subspesialis dari berbagai disiplin ilmu berikut dengan enam dokter anestesi serta 66 petugas operasi.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline