Di Saat Begini, Sebaiknya Lepas Bra Anda

bra.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE - Meski punya manfaat positif, bra sebagai penyangga payudara wanita terkadang membuat sebagian orang tak nyaman. Karena itu, wanita perlu tahu, ada saat-saat dimana mereka perlu melepas bra.

 

Misalnya melepas bra di malam hari menjelang tidur. Hanya saja, tak semua perempuan melakukan hal ini karena rasa takut, payudaranya akan kendur. Mengutip Huffington Post, sebenarnya, sesekali melepas bra tidaklah bermasalah.

 

Yang terpenting, Anda harus tahu kapan saatnya melepas dan memakai bra. Karena sebenarnya, penting juga untuk memberi kebebasan payudara untuk 'bernapas'.

 

Saat berolahraga adalah waktu terlarang untuk melepas bra. Faktanya, memakai bra saat olahraga saja bisa membuat payudara jadi kendur dan turun lebih dini (premature breast sag). Hal ini terjadi jika Anda salah pilih ukuran bra.

BACA JUGA : Tanda-tanda Ini Bikin Perempuan Bosan Nikmati Hubungan

 

"Kebanyakan perempuan tak sadar kalau berolahraga tanpa penggunaan bra yang tepat dan sesuai dengan ukurannya akan menyebabkan kerusakan permanen ligamen yang menyebabkan mengendurnya jaringan," kata Adele Kershaw, desainer merek pakaian dalam Berlei Bras.

KLIK JUGA : Meski Sudah Usia Senja, Nenek Ini Masih Doyan Ngebut

 

"Pengulangan dan aktivitas tingkat tinggi akan membuat payudara bergerak, meregangkan kulit payudara dan ligamen. Ketika mereka tak mendapat penyangga yang tepat akan menyebabkan payudara turun lebih dini karena kehilangan eslastisitas alaminya lebih cepat."

 

Bagaimana dengan saat tidur? Kershaw menyarankan untuk melepas bra. Hanya saja, dia menambahkan, banyak perempuan dengan payudara besar merasa lebih nyaman untuk memakai bra saat tidur. Jika memang harus dipakai saat tidur, Kershaw menyarankan untuk memilih ukuran yang tepat, bahan lembut dan juga menghindari penggunaan bra dengan kawat di bawah cup. 

 

Emma Hobson, manager dari The International Institute mengungkapkan, jika Anda harus memakai bra saat tidur, pastikan branya tidak terlalu ketat.

 

"Jika bra terlalu ketat, akan menimbulkan risiko gangguan aliran getah bening ke nodul (benjolan kelenjar) getah bening yang ada di bagian bawah ketiak dan juga di tubuh bagian atas," kata Hobson.

 

"Atau jika kulit Anda sensitif dan tidur gelisah, maka bra akan menimbulkan iritasi saat terus menerus dipakai."

 

Pilih Ukuran Bra yang Tepat

Baik Kershaw dan Hobson setuju bahwa hal terpenting ketika bicara soal bra adalah pemilihan ukuran yang pas. 

 

"Cup harus menutupi semua bagian payudara tanpa ada bagian yang berlebihan. Kawat di bagian bawah juga harus dalam posisi mendatar dengan bagian dasar tubuh. Bra juga harus tetap di posisi dan tak bergeser ketika mengangkat tangan," kata Kershaw.

 

"Jika dipaksa dengan ukuran yang tak sesuai, payudara bukanlah satu-satunya bagian yang menderita. pundak, leher dan bagian belakang tubuh juga bisa terkena dampaknya."