Hati-hati, Ciuman Bisa Tularkan Penyakit Herpes

Penyakit-Herpes-Akibat-Ciuman.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINEBerhati-hatilah Anda jika ingin berciuman, kalau tidak terkena penyakit herpes simleks, walau bagi sebagian orang ciuman berarti lambang kasih sayang.

 

Lalu ciuman seperti apa yang berbahaya tersebut? Jika seorang memberikan ciuman terinfeksi virus herpes simplex dan memberikan ciuman pada pasangannya, maka pasangannya juga dapat tertular virus ini. (Baca Juga: Wow. Senam Ini Kencangkan Otot-otot Kaum Hawa

 

Penyakit ini merupakan penyakit menular seksual yang umum ditemui saat ini. Ternyata terdapat berbagai metode penularan herpes simpleks. Bahkan, sekadar berciuman bisa menularkan virus herpes simpleks ini. 

 

Lalu apa itu herpes simpleks? Herpes Simplex Virus dapat menyebabkan gejala pada bagian kepala hingga bagian genital tubuh. Herpes simpleks terdiri dari dua tipe, herpes simplex tipe 1 dan tipe 2.


 

Gejala ditimbulkan tergantung dari jenis virus penyebabnya. Herpes simplex tipe 1 dikaitkan dengan infeksi di daerah bibir dan rongga mulut, sedangkan herpes simplex tipe 2 menyebabkan gejala di daerah genital (alat kelamin). (Klik Juga: Jangan Coba-coba Sentuh Pakai Tangan Bagian Tubuh Ini

 

Gejala dialami antara lain, keluhan lesi kulit semacam jerawat yang nyeri, dan terdapat juga gelembung berisi cairan. Begitu seseorang terinfeksi HSV baik tipe 1 maupun tipe 2, virus ini akan terus berada di dalam tubuh dan dapat timbul sewaktu-waktu.

 

Hal ini khususnya terjadi pada virus herpes yang menyerang daerah mulut. Kadang manifestasi virus herpes simplex tidak jelas terlihat dan menyebabkan penularan lebih mudah terjadi, karena tidak dijumpai adanya lesi aktif.

 

Karena itu, pola hidup sehat dengan menghindari perilaku berisiko merupakan cara paling baik mencegah infeksi herpes simplex. Konseling pranikah berhuna untuk mendeteksi adanya infeksi tertentu. (Lihat Juga: Mrs V Kering. Tanda Apakah Itu

 

Juga disarankan bagi setiap pasangan ingin menikah melakukan hal itu. Tujuannya, untuk memberikan pengobatan (jika ditemukan infeksi), dan mencegah penyakit yang dapat ditularkan.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline