Aktual, Independen dan Terpercaya


Inilah Cara Sederhana Cegah ISPA

Masker-ISPA.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Kabut asap yang menyelimuti Kota Pekanbaru dan sekitarnya bisa menimbulkan beberapa penyakit. Mulai dari gangguan pencernaan, iritasi kulit dan Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) serta diare. 

 

Gejala ISPA sangatlah umum bagi warga Pekanbaru sejak tahun 1997 silam, saat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) mulai mengganas di Riau. Gejala ISPA utamanya pada anak dapat dikenali dengan melihat antara lain adanya flu, batuk, demam dan sesak nafas.

 

Pencegahan ISPA sangat erat kaitannya dengan sistem kekebalan tubuh dimiliki seseorang. Seseorang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah akan sangat rentan terhadap serangan.

 

(BACA : Udara Pekanbaru tak Sehat

 

Sehingga pengobatan ISPA biasanya difokuskan kepada mereka memiliki sistem kekebalan tubuh yang rentan. Kali ini untuk sahabat RIAUONLINE.CO.ID, Kepala Poli Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) Puskesmas Sukajadi, Refni Erwanis, memberikan tips menghindari penyakit ini.

 

Berikut beberapa tipsnya :

1. Hindari debu karena debu bisa menyebabkan infeksi pada saluran pernafasan.

2. Kurangi Keluar Malam, dengan banyak keluar malam akan menyebabkan kekebalan tubuh berkurang.

3. Pakai masker bila keluar rumah. Masker membantu kita untuk tidak langsung menghirup udara disekitar dengan kata lain masker dapat       memfilter udara yang kita hirup. Untuk pemilihan masker itu sendiri disarankan untuk membelinya di apotek.

4. Hindari atau kurangi aktivitas di luar ruangan, karena aktivitas di luar ruangan berhubungan langsung dengan banyaknya asap dan debu yang merupakan penyebab ISPA itu sendiri.

 

Inilah beberapa tips yang bisa dimanfaatkan oleh sahabat setia RIAUONLINE.CO.ID semoga bermanfaat dan selalu tunggu tips lainnya.