Inilah Manfaat Makan Buah Kurma bagi Kesehatan

Buah-Kurma.jpg
(INTERNET)

RIAUONLINE - Di bulan Ramadan ini, buah berasal dari Afrika dan Timur Tengah ini banyak dijumpai di rumah-rumah, tempat-tempat perbukaan hingga dijual di pasar-pasar.

 

Tapi tahukah Anda, jika buah suku palm-palm itu, Kurma, ternyata banyak manfaatnya bagi tubuh kita saat berbuka dengan memakannya.

 

Kurma dianggap mampu menyeimbangkan kembali energi tubuh, gula darah, tekanan darah semula rendah karena tubuh belasan jam tidak menyantap makanan apapun.

 

Buah Kurma

 

Mengenai nutrisi, buah satu ini sangat kaya. Pada setiap buahnya mengandung zat besi, kalsium, magnesium, selenium, serat, kalium, sukrosa, glukosa, dan fruktosa di dalamnya.

 

Selengkapnya, berikut lima alasan mengonsumsi kurma kala bulan puasa seperti dilansir laman Boldsky, Sabtu (20/6/2015).

 

1. Mengontrol nafsu makan saat berbuka
Saat berbuka, rasanya ingin makan sebanyak-banyaknya. Namun, bila Anda mengawali dengan mengonsumsi kurma bisa membantu mengontrol rasa lapar kala berbuka. Sehingga, terhindar dari makan berlebih kala berbuka.

 


2. Persiapkan pencernaan setelah kosong belasan jam
Mengonsumsi kurma kala berbuka sama dengan mempersiapkan pencernaan untuk kembali aktif setelah 13 jam tidak ada makanan dan minuman yang masuk. Buah kering ini merangsang sekresi enzim pencernaan yang ada di perut.

 

Buah Kurma1 

 

3. Cegah sembelit
Kurma kaya serat akan mencegah sembelit. Selain itu, mengonsumsi buah berwarna kecoklatan ini meningkatkan gerak peristaltik di usus yang memperlancar buang air besar.

 

4. Bunuh bakteri
Beberapa varietas kurma dapat membunuh infeksi bakteri di tubuh karena mereka berperan sebagai antibiotik. Dalam sebuah penelitian terbukti kurma 50 persen sama efektifnya dengan antiobiotik penisilin.


5. Mengurangi tingkat kolesterol
Kolesterol membantu mengusir kolesterol jahat dari tubuh sehingga tubuh tetap sehat.

 

Sumber : liputan6.com