5 Makanan Sehat Ini Bantu Tingkatkan Kualitas Sperma

RIAUONLINE, - Selain kualitas sel telur yang baik, sperma yang sehat dan subur adalah faktor utama untuk terjadinya keberhasilan pembuahan. Bukan hanya kuantitas sperma yang cukup, kualitas yang baik dari setiap sel sperma yang berenang menuju sel telur juga penting.

 

Semakin subur sperma, semakin besar peluang mendapatkan kehamilan. Sperma yang sehat akan diproduksi dalam tubuh pria yang sehat. Karena itu, penting bagi pria untuk menjaga pola hidup sehat dan mengonsumsi makanan sehat. Kelima sumber makanan sehat berikut, dapat membantu meningkatkan kualitas sperma.

 

1. Vitamin C

Fungsinya melindungi sperma dari serangan radikal bebas. Vitamin C adalah salah satu nutrisi yang sensitif terhadap proses pengolahan suhu tinggi. Jadi, hindari mengonsumsi makanan sumber vitamin C olahan, seperti jus jeruk dalam kotak atau dalam kaleng. Minum jus jeruk olahan pabrik tidak akan membantu sama sekali, sebab produk minum itu sudah melalui pasteurisasi suhu tinggi.

 

Proses ini menyebabkan kandungan dalam jeruk, yang berfungsi melindungi sperma, rusak dan tak berguna lagi. Sebaiknya konsumsi dalam kondisi utuh. Selain jeruk, makanan-makanan yang mengandung vitamin C tinggi, antara lain jambu biji, mangga, paprika, brokoli, stroberi, kiwi, kol, cabai merah, dan sawi.

 

2. Asam lemak omega-3 dan 6

Zat ini berfungsi merangsang aliran darah ke organ seksual dan meningkatkan fungsi seksual pria, sehingga memengaruhi kualitas sperma dan kesuburannya. Kenari diperkaya asam lemak omega-3 yang dapat memperbanyak jumlah sperma.

 

Kenari juga membuat Anda lebih perkasa, sebab bisa meningkatkan aliran darah ke alat kelamin. Selain kenari, penuhi kebutuhan akan zat ini dengan mengonsumsi ikan berlemak baik seperti salmon, tuna kecil, sardin, biji labu, biji rami (flaxseed), dan kacang almond.

 

3. L-Carnitine

Asam amino ini berperan penting dalam membantu sperma berfungsi dengan normal. Sebuah studi menunjukkan, pemberian suplemen L-Carnitine membantu menormalkan motilitas (kemampuan gerak) sperma pada pria dengan kualitas sperma rendah.

Sebuah studi yang dilakukan di Barry University, Miami, menemukan bahwa kerang mengandung asam amino yang ampuh untuk membantu produksi testosteron pada laki-laki dan progesteron pada wanita. Jadi, mengonsumsi olahan kerang atau tiram bisa jadi cara memperbanyak sperma yang bisa dicoba oleh para pria. Sumber makanan lain yang kaya akan L-Carnitine adalah kacang tanah, padi-padian, asparagus, buah bit, brokoli, kubis, bawang putih, dan sawi.

 

4. Coenzyme Q10 (CoQ10)

Bekerja sebagai antioksidan agar sperma terhindar dari kerusakan. Sama seperti L-Carnitine, antioksidan ini juga membantu meningkatkan kualitas sperma dengan cara menormalkan motilitas sperma. CoQ10 akan berkurang seiring bertambahnya umur.

 

Anda dapat memenuhi asupan CoQ10 ini dengan mengonsumsi daging sapi, salmon, kacang-kacangan seperti pistachio, biji wijen, brokoli mentah, stroberi, jeruk, telur, dan gandum.

 

5. Fosfor

Zat ini menjaga kualitas sperma tetap prima, sehingga pembuahan bisa berlangsung dengan baik. Kebutuhan fosfor harian untuk pria adalah sekitar 500 mg. Calon ayah bisa mendapatkannya pada makanan berkalsium tinggi, seperti susu.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline