Supermodel Bella Hadid dan Menteri Isreal Cekcok Soal Hak Rakyat Palestina

Bella-Hadid-ikut-aksi-bela-palestina.jpg
(Foto: Instagram @mohamedhadid via kumparan)

RIAU ONLINE - Bella Hadid terlibat dalam perdebatan panas dengan Menteri Keamanan Israel, Itamar Ben-Gvir, di media sosial, pada Jumat, 26 Agustus 2023.

Buntut dari cekcok itu, Ben-Gvir yang merupakan tokoh ekstremis Yahudi itu secara terbuka menyarakan kebenciannya terhadap kaum Arab dan Palestina, menyebut Bella sebagai 'pembenci Israel'

Menurut laman berita Associated Press, sebagaimana dilansir dari kumparan, Minggu, 27 Agustus 2023, perdebatan itu berawal dari komentar kontroversial Ben-Gvir dalam wawancaranya dengan stasiun TV lokal Channel 12, pada Rabu, 24 Agustus 2023.

Ben-Gvir menilai bahwa hak pemukim Yahudi mendapatkan kebebasan bergerak di Tepi Barat itu lebih penting dibandingkan memberikan hal yang sama bagi warga Palestina.

Salah satu pemukim ilegal di Kiryat Arba, dekat Kota Hebron, Tepi Barat, ini menegaskan sehubungan dengan itulah aktivitas warga Palestina harus dibatasi demi keamanan keluarganya.

"Hak saya, hak istri dan anak-anak saya, untuk bergerak di sekitar Yudea dan Samaria lebih penting daripada kebebasan bergerak bagi orang Arab," kata Ben-Gvir, mengacu pada sebutan Tepi Barat dalam Alkitab.

Berbicara kepada host wawancara keturunan Israel-Arab yang kala itu berada di studio bersamanya, Mohammad Magadli, Ben-Gvir menambahkan: 'Maaf, Mohammad, tetapi itulah kenyataannya'.

Menanggapi hal ini, Bella — yang memiliki keturunan Palestina dari garis ayahnya, membagikan kutipan dari wawancara Ben-Gvir kepada 59,5 juta pengikutnya di Instagram, pada Kamis, 25 Agustus 2023.


"Di mana pun, kapan pun, terutama di tahun 2023, tidak boleh ada satu nyawa yang lebih berharga daripada nyawa yang lain. Terutama hanya karena etnis, budaya, atau kebencian yang mereka miliki," tulis Bella bersamaan dengan kutipan wawancara Ben-Gvir.

Supermodel berusia 26 tahun yang besar di Amerika Serikat itu kemudian mengunggah video dari kelompok pembela HAM terkemuka Israel, B'Tselem. Rekaman memperlihatkan tentara Israel di Kota Hebron menyampaikan larangan untuk warga Palestina melintasi jalan tertentu, sebab jalan itu diperuntukkan khusus bagi kaum Yahudi.

"Apakah ini mengingatkan siapa pun tentang sesuatu?" sambung Bella.

Ben-Gvir menanggapi Bella dengan komentar panas. Ia mengejak Bella sebagai 'pembenci Israel' dan menuding Bella bersikap rasis, lantaran hanya membagikan sepenggal dari wawancara tersebut di media sosial untuk memancing kebencian.

"Saya mengundang Anda ke Kiryat Arba, untuk melihat bagaimana kami hidup di sini, bagaimana setiap hari, orang-orang Yahudi yang tidak melakukan kesalahan apa pun dalam hidup mereka dibunuh di sini," tulis Ben-Gvir dalam platform X, pada Jumat, 25 Agustus 2023.

Namun, Reuters menyebut, tampaknya tidak hanya Bella yang mengkritik komentar kontroversial Ben-Gvir.

Kementerian Luar Negeri Palestina pada Kamis, 24 Agustus 2023, mengutuk komentar Ben-Gvir sebagai rasis dan keji. Kementerian Luar Negeri AS juga menyebut komentar itu bersifat provokatif dan rasis.

Para pengamat juga menganggapnya sebagai bukti ambisi politik Israel sudah berubah menjadi sistem apartheid, yang berusaha mempertahankan hegemoni Yahudi dari Sungai Yordan ke Laut Mediterania.

Meski begitu, Ben-Gvir mendapat pembelaan dari Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu. Netanyahu menyebut, pemerintahannya memang telah mengizinkan kebebasan bergerak semaksimal mungkin di Tepi Barat.

Namun, kata Netanyahu, militan Palestina justru memanfaatkan kebebasan bergerak ini untuk membunuh wanita, anak-anak, dan keluarga Israel dengan cara menyergap mereka di titik-titik tertentu pada rute jalan yang berbeda.

"Inilah yang dimaksud oleh Menteri Ben-Gvir ketika ia mengatakan 'hak untuk hidup mendahului kebebasan bergerak'," tambah Netanyahu.