Thailand Gusur Kamboja dari Puncak Klasemen SEA Games 2023

SEA-Games-2023.jpg
(cambodia 2023)

RIAU ONLINE, PHNOM PENH-Kamboja tergusur dari puncak klasemen sementara perolehan medali SEA Games 2023 sampai Selasa (9/5/2023) malam WIB, usai digeser Thailand. Sedangkan Indonesia turun satu peringkat ke posisi kelima.

Pada hari keempat penyelenggaraan SEA Games 2023, Indonesia berhasil menambah tiga emas. Tim vovinam Indonesia meraih emas pada kategori Knife Form Ganda Putri yang diperkuat oleh Putu Wahana Maha Yoni dan Ni Made Purnami.

Medali emas juga dipersembahkan oleh tim tenis nomor beregu putri setelah sukses membekuk tim Thailand 2-1 pada babak final.

Tim soft tenis beregu putra juga turut menyumbang emas untuk kontingen Indonesia dengan menumbangkan Thailand 2-1 pada partai final.


Tambahan tiga emas tersebut tampaknya tidak cukup bagi Indonesia untuk merebut kembali posisi tertinggi yang sempat berada di urutan kedua.

Indonesia turun satu peringkat ke posisi kelima, Selasa malam. Tidak hanya tim Merah Putih, perubahan kedudukan juga dialami oleh Kamboja yang sejak awal memimpin di puncak klasemen perolehan medali SEA Games 2023.


Sang tuan rumah turun ke posisi ketiga. Sebaliknya, Thailand, yang pada hari sebelumnya berada di urutan ketiga, kini menduduki posisi puncak klasemen dengan 40 medali emas.


Vietnam membuntuti di urutan kedua dengan 39 medali emas -- jumlah yang sama dengan Kamboja.

Sementara itu, Filipina yang berada di posisi lima, Senin malam (8/5), berhasil menggeser Indonesia. Meski memiliki jumlah perolehan emas yang sama dengan Indonesia, Filipina mengumpulkan total medali lebih banyak dibanding tim Merah Putih yang membuatnya naik ke posisi empat dikutip dari suara.com