Sederet Kisah Ajaib di Balik Gempa Dahsyat Turki

Gempa-turki6.jpg
((Twitter/@AlkhidmatOrg))

RIAU ONLINE - Senin, 6 Februari 2023 menjadi hari petaka bagi penduduk negara Turki. Tepat pada pukul 04.00 pagi waktu setempat, gempa bumi bermagnitudi 7,8 mengguncang dan meluluhlantahkan negeri itu.

Tak hanya Turki, gempa tersebut juga menghantam negera Suriah. Hingga kini, 28 ribu orang menjadi korban meninggal dunia di dua negara tersebut.

Di balik gempa dahsyat itu, ada sederet kisah ajaib yang menyita perhatian dunia. Bayi-bayi dan anak-anak ditemukan selamat meski tertimbun lama di bawah reruntuhan bangunan setelah diguncang gempa.

1. Bayi baru lahir selamat dari gempa

Seorang bayi perempuan yang selamat membawa keajaiban di tengah proses evakuasi korban gempa. Bayi itu diduga baru lahir beberapa menit sebelum akhirnya ditemukan oleh seorang penyelamat di bawah reruntuhan bangunan.

Ajaibnya, bayi itu ditemukan dalam kondisi tali pusar yang masih menempel dengan sang ibu. Sayang, sang ibu justru tak selamat dari gempa besar tersebut, seperti dilansir dari Suara.com, Minggu, 12 Februari 2023.

Kekinian, bayi itu tengah menjalani perawatan di rumah sakit di Alfrin. Kondisinya disebut stabil meski memilikil luka dan memar di tubuhnya. Ketika dibawa, bayi itu disebut mengalami hipotermia, karena cuaca yang sangat dingin di sana.

2. Selamat usai puluhan tertimbun


Seorang ibu dan tiga anaknya ditemukan selamat setelah tertimbun reruntuhan bangunan selama 28 jam. Mereka berhasil diamankan dari distrik Nazip dengan kondisi tubuh penuh luka.

Menariknya, sebelum dievakuasi, sang ibu meminta jilbab kepada tim penyelamat untuk menutupi kepalanya. Tak lama setelah jilbab yang diminta diterima, ia pun langsung memakainya dan dievakuasi.

Kisah serupa juga dialmi seorang bayi yang selamat usai tertimbun reruntuhan bangunan selama 68 jam di Provinsi Hatay Selatan. Menurut laporan tim penyelamat, bayi itu ditemukan dalam kondisi yang sehat pada Jumat, 9 Februari 2023.

Di provinsi yang sama, seorang anak perempuan berusia 10 tahun juga bertahan di bawah reruntuhan bahkan hingga 90 jam lamanya. Ia sangat gembira saat pertolongan datang dan bertepuk tangan. Ia pun meminta susu setelah berhasil dievakuasi.

3. Anak perempuan lindungi adik dari reruntuhan

Seorang anak perempuan berusia sekitar tujuh tahun di Suriah melindungi sang adik. Hanya dengan tangan kecilnya, anak perempuan itu melindungi kepala adiknya dari reruntuhan bangunan selama lebih dari 36 jam.

Bocah bernama Mariam itu meminta tim penyelamat untuk segera mengeluarkannya dan sang adik. Saat itu, ia bahkan berjanji akan menjadi pelayan si penyelamat jika memberi pertolongan.

4. Belasan bayi diselamatkan dengan pesawat jet

Sebanyak 16 bayi berhasil dievakuasi dari puing-puing bangunan di Kahramanmaras. Mereka di bawa ke Ankara dengan sebuah jet pribadi milik Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan.

Dari foto-foto yang dirilis kantor berita pemerintah Turki, tampak bayi-bayi itu tertidur dengan balutan selimut di gendongan beberapa wanita. Belasan bayi itu berusia antara 6 sampai 12 bulan dan dalam kondisi yang sehat.