Duka Dunia dalam Tragedi Kelam di Sepanjang Oktober 2022

Ratusan-orang-tewas-di-Itaewon.jpg
(Suara.com)

RIAUONLINE - Oktober 2022 telah berlalu. Duka dunia menjadi catatan kelam ketika meninggalkan Oktober 2022. Dunia heboh saat ratusan nyawa melayang dalam sejumlah tragedi kelam di sepanjang Oktober 2022.

Duka, kesedihan, dan air mata seakan membuat keluarga korban tak mampu tersenyum menyambut November dan membuka lembaran baru. 

Dilansir dari Suara.com, sejumlah tragedi kelam di sepanjang Oktober terjadi di beberapa negara, termasuk Indonesia, menjadi duka bagi dunia.

Tragedi Kanjuruhan

Oktober 2022 dibuka dengan berjatuhannya korban dalam Tragedi Kanjuruhan di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur. Tepatnya 1 Oktober 2022, setelah laga Arema FC Vs Persebaya Surabaya.

Arema FC kalah dari Persebaya Surabaya dengan skor 2-3. Namun, kekalahan itu bukan menjadi kesedihan yang berarti bagi Aremania, suporter Arema FC. Kesedihan yang sesungguhnya justru terjadi setelah pertandingan itu.

Setelah laga itu, para suporter turun ke lapangan yang direspons tindakan dan gas air mata dari aparat kepolisian. Aparat menembakkan gas air mata ke lapangan dan tribun.

Kondisi kian kacau ketika para penonton terkena gas air mata saling berdesakan untuk dapat keluar dari Stadion Kanjuruhan itu.

Nahas, pintu keluar stadion terkunci sehingga terjadi penumpukan massa. Akibatnya, terjadi saling himpit oleh massa yang panik.

Setidaknya 135 orang meninggal dunia dalam peristiwa ini. Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) yang dipimpin Menko Polhukam, Mahfud MD, masih berusaha mengungkap peristiwa itu. Enam tersangka telah ditetapkan dan kemungkinan akan ada tersangka lainnya.


Serangan udara dalam konser di Myanmar

Tragedi memilukan kembali terjadi yang menewaskan puluhan jiwa. Minggu, 23 Oktober 2022, serangan udara dari kelompok junta militer Myanmar terjadi di tengah konser musik di wilayah Kachin, Myanmar.

Konser itu gelar oleh kelompok pemberontak Organisasi Kemerdekaan Kachin yang tengah merayakan hari jadinya. Sebanyak 300-500 orang hadir dalam konser musik itu.

Namun, sukaria seketika berubah menjadi dukacita ketika pesawat militer Myanmar yang lewat tiba-tiba menjatuhkan empat bom. Sedikitnya, 80 orang dinyatakan tewas dalam peristiwa tersebut.

Tragedi Pesta Halloween Itaewon

Dunia kembali dirundung duka setelah tragedi setelah pesta Halloween di Itaewon, Seoul, Korea Selatan. Ratusan orang meninggal di sana pada Sabtu, 29 Oktober 2022 malam itu.

Dilaporkan, terjadi lonjakan warga yang hadir hingga 10 kali lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Sebab, tahun ini menjadi yang pertama digelarnya kembali pesta halloween setelah tiga tahun vakum akibat pandemi Covid-19.

Sejumlah saksi menyebut, kerumunan peserta Halloween itu semakin sulit diatur saat menjelang tengah malam, seperti dilansir dari Suara.com, Selasa, 1 November 2022.

Ratusan orang terlihat berdesakan di sebuah gang sempit di wilayah Itaewon. Mereka tidak bergerak selama beberapa jam, hingga petugas darurat dan polisi turun tangan.

Alhasil, 151 orang dilaporkan tewas akibat cardiac arrest atau henti jantung karena terhimpit dalam kerumunan orang.

Jembatan gantung ambruk di Gujarat, India

Di penghujung Oktober 2022, negara bagian Gujarat, India Barat, diselimuti duka mendalam setelah sebuah jembatan ambruk pada Minggu, 30 Oktober 2022.

Jembatan gantung berusia 100 tahun itu ambruk dan menewaskan 141 orang setelah terjatuh dari jembatan itu. Selain itu, banyak korban lainnya yang terluka dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Menurut pihak berwenang setempat, jembatan gantung tersebut ambruk karena tak kuat menahan beban ratusan orang yang secara bersamaan menaiki jembatan.

Masyarakat begitu antusias untuk menaiki jembatan yang baru saja dibuka setelah sempat ditutup selama hampir enam bulan. Terlebih lagi, saat itu bertepatan dengan musim festival Hindu.