Tetapkan 1 Dzulhijjah, Saudi Persiapkan Puncak Ibadah Haji di Arafah

Wukuf-di-Arab-Saudi.jpg
(Ahmed Yosri/REUTERS via Kumparan.com)

 

RIAUONLINE - Pemerintah Kerajaan Arab Saudi mengumumkan 1 Dzulhijjah 1443 H jatuh pada Kamis, 30 Juni 2022. Penetapan ini dibuat setelah para ulama dan masyarakat umum melihat hilal bulan baru, yakni Dzulhijjah pada Rabu, 29 Juni petang kemarin.

"Setelah terlihat hilal bulan sabit baru pada Rabu petang, maka dapat disampaikan bahwa 5 hari perayaan Idul Adha akan dimulai pada 9 Juli 2022 mendatang," demikian bunyi pengumuman Haramain Sharifain yang merupakan media resmi Arab Saudi, selain Arabnews.com, melansir RRI.co.id, Kamis, 30 Juni 2022.

Sementara itu, prosesi puncak ibadah haji akan dimulai pada hari ke-8 Dzulhijjah, puncak Arafah, Muzdalifah, dan Mina akan jatuh pada 9 hingga 11 Dzulhijjah.


Tenda-tenda untuk jemaah di Arafah dan akomodasi di Mina sudah tersedia untuk menyambut para tamu Allah SWT untuk berhaji.

Pemerintah Arab Saudi pun telah melakukan penyambutan kedatangan jemaah calon haji perdana pada 4 Juni yaitu jemaah calon haji dari Indonesia. Ini menjadi haji perdana pasca pandemi Covid-19.