Roadshow ke Negera Berperang, Presiden Jokowi Tiba di Moskow

Jokowi41.jpg
((Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden))

RIAU ONLINE, MOSKOW-Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi akhirnya tiba di Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). Setelah itu, Jokowi akan menemui Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pesawat Garuda Indonesia GIA-1 yang membawa Jokowi dan Iriana beserta rombongan mendarat di Bandara Vnukovo II sekitar pukul 11.00 waktu setempat.

Setelah pintu pesawat terbuka, Jokowi dan Iriana turun dari pesawat dan disambut pejabat Federasi Rusia antara lain Kepala Protokol Negara Federasi Rusia Igor Viktorovich Bogdashev dan Wakil Menteri Luar Negeri Federasi Rusia Mikhail Bogdanov.

Selain itu tampak pula Duta Besar RI Moskow Jose Antonio Morato Tavares dan istri dan Atase Pertahanan KBRI Moskow Kolonel Budi Susilo dan istri ikut menyambut.

Dari bandara, Jokowi dan Iriana beserta rombongan akan menuju hotel tempat transit sebelum menuju Kremlin untuk bertemu Presiden Putin.

Turut mendampingi Jokowi dan Iriana yakni Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung.


Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi saat tiba di Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi saat tiba di Bandara Vnukovo II, Moskow, Rusia, Kamis (30/6/2022). (Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Membawa Pesan Presiden Ukraina

Pada pertemuannya dengan Presiden Zelenskyy, Jokowi menyampaikan kalau kunjungannya ke Ukraina semata-mata perwujudan kepedulian masyarakat Indonesia untuk Ukraina.

"Saya sampaikan ke Presiden Zelenskyy bahwa kunjungan ini saya lakukan sebagai manifestasi kepedulian Indonesia terhadap situasi di Ukraina," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menegaskan posisi Indonesia mengenai pentingnya penghormatan terhadap kedaulatan dan integritas wilayah. Meskipun masih sangat sulit dicapai, ia tetap menyampaikan pentingnya penyelesaian damai dan mengatakan bahwa spirit perdamaian tidak boleh pernah luntur.

"Dalam kaitan ini, saya menawarkan diri untuk membawa pesan dari Presiden Zelenskyy untuk Presiden Putin yang akan saya kunjungi segera," ucapnya.

Selanjutnya, Jokowi juga menyampaikan kepeduliannya terhadap dampak perang bagi kemanusiaan. Dengan kemampuan yang ada, rakyat dan pemerintah Indonesia berusaha memberikan kontribusi bantuan termasuk obat-obatan dan komitmen rekonstruksi rumah sakit di sekitar Kyiv.

Di samping itu, Kepala Negara menyampaikan pentingnya Ukraina bagi rantai pasok pangan dunia. Menurutnya, semua usaha harus dilakukan agar Ukraina bisa kembali melakukan ekspor bahan pangan.

"Penting bagi semua pihak untuk memberikan jaminan keamanan bagi kelancaran ekspor pangan Ukraina, termasuk melalui pelabuhan laut. Saya mendukung upaya PBB dalam hal ini," tegasnya dikutip dari suara.com