Siswi di Jepang Dilarang Ikat Rambut Kucir Kuda, Alasannya Nyeleneh

rambut-kucir-kuda.jpg
(wikipedia)

RIAU ONLINE, TOKYO-Setiap negara memiliki peraturan berbeda-beda di setiap sekolah. Di Jepang, sekolah melarang siswa perempuan memakai rambut kunci kuda karena “tengkuk mereka” bisa “menggairahkan secara seksual” siswa laki-laki.

Dikutip dari NY Post, Mantan guru sekolah menengah Motoki Sugiyama mengatakan bahwa alasan di balik kebijakan itu mirip dengan larangan menggunakan pakaian dalam berwarna di sekolah.

“Mereka khawatir anak laki-laki akan melihat anak perempuan, yang mirip dengan alasan di balik penegakan aturan warna pakaian dalam putih saja,” jelasnya. “Saya selalu mengkritik aturan ini, tetapi karena kritiknya kurang dan menjadi sangat normal, siswa tidak punya pilihan selain menerimanya.”

Menurut Vice, survei tahun 2020 menunjukkan bahwa di prefektur Fukuoka negara itu, satu dari 10 sekolah melarang up-do atau sanggul.

 

Sugiyama mengajar di prefektur Shizuoka selama 11 tahun di lima sekolah yang berbeda, yang semuanya melarang ekor kuda. Karena dia merasa aturan gender itu seksis dan mengecilkan ekspresi diri siswa, dia berusaha membebaskan anak-anak yang menjadi sasaran "tuntutan yang tidak masuk akal" itu.


Orang tua dan siswa sama-sama menyatakan kemarahannya pada aturan berpakaian yang tidak masuk akal pada bulan Juni. Hal itu mendorong pemerintah Jepang untuk merevisi peraturan dewan pendidikan prefektur. Tapi tidak setiap sekolah mengikuti aturan tersebut.

Faktanya, Sugiyama masih menerima keluhan dari siswa yang mengklaim sekolah mereka tidak akan melonggarkan pembatasan aturan berpakaian.

“Banyak sekolah mengabaikan pemberitahuan yang tidak mengikat secara hukum atau yang tidak memiliki hukuman,” katanya.

Larangan kuncir kuda dan warna pakaian dalam bukan satu-satunya pedoman ketat yang harus diikuti oleh siswa Jepang. Sekolah memberlakukan pembatasan lebih lanjut seperti warna kaus kaki anak-anak, panjang rok dan bahkan bentuk alis mereka.

Mereka juga harus membuang pewarna rambut, karena jika kunci siswa tidak "hitam atau lurus", mereka dipaksa untuk menunjukkan bukti bahwa itu adalah warna rambut alami mereka dikutip dari suara.com

Sugiyama secara teratur memposting TikTok tentang aturan sewenang-wenang, dengan siswa jarang menerima penjelasan yang valid. Kadang-kadang, sekolah mengizinkan gaya rambut bob pendek, meskipun itu memamerkan leher seperti halnya kuncir kuda.