Senin Mendatang, Malaysia Perbolehkan Usaha Kembali Buka, Indonesia Kapan?

Menara-petronas.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, KUALA LUMPUR-Malaysia mulai mengendurkan lockdwon dan memeberikan ruang warganya untuk kembali membuka usaha. Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan lockdown akibat virus corona akan dilonggarkan pada 4 Mei mendatang.

Dengan pelonggaran ini, hampir seluruh tempat usaha akan diperbolehkan untuk buka kembali. Diberitakan Reuters, pernyataan ini disampaikan PM Muhyiddin pada Jumat 1 Mei 2020.

Dia mengatakan keputusan ini diambil atas saran dari Kementerian Kesehatan dan diskusi dengan Dewan Aksi Ekonomi, Dewan Keamanan, dan Kabinet Malaysia.


Pada Senin mendatang, Muhyiddin mengatakan hampir seluruh tempat usaha boleh kembali dibuka. "Hampir seluruhnya" karena tempat-tempat usaha yang tidak memungkinkan social distancing atau mengundang kerumunan masih wajib tutup. 
Warga Thailand tinggaklan Malaysia

"Saya mengatakan hampir semua, karena akan ada industri dan bisnis yang tidak akan boleh beroperasi. Bisnis ini yang melibatkan kehadiran banyak orang, tempat di mana kontak fisik dan social distancing sulit diterapkan," kata Muhyiddin.


Malaysia telah menerapkan lockdown dan pembatasan sosial yang dikenal dengan MCO sejak 18 Maret lalu. Seluruh tempat usaha non-esensial dan sekolah ditutup, warga dilarang berkerumun. 

Saat ini jumlah penderita virus corona di Malaysia mengalami penurunan yang stabil. Total ada 6.002 penderita corona di Malaysia dengan angka kematian 102 orang. Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com

-->