Bukan dari Laboratorium, WHO Bilang Ini Sebenarnya Asal Covid-19

Virus-Corona.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JENEWA-Banyaknya rumor yang mberkembang bahwa virus corona adalah virus ciptaan dibantah oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). WHO menegaskan bahwa  virus corona berasal dari hewan bukan laboratorium di Wuhan, China.

Melansir dari Independent, Presiden Amerika Serikat Donald J. Trump mengatakan pemerintahnya berusaha untuk menentukan apakah virus corona berasal dari laboratorium di kota Wuhan. Mereka mengembangka teori yang menganggap laboratorium Wuhan menjadi pusat penyebaran wabah virus pada bulan Desember.

"Semua bukti yang ada menunjukkan bahwa virus tersebut berasal dari hewan dan tidak dimanipulasi atau dibangun di laboratorium maupun di tempat lain," kata juru bicara WHO, Fadela Chaib dalam jumpa pers di Jenewa, Selasa 21 April 2020.

"Kemungkinan besar virus itu berasal dari hewan," tambahnya.

Namun, Chaib menegaskan tidak jelas bagaimana virus itu melompat dari spesies ke manusia, tetapi mengatakan pasti ada hewan yang jadi inang perantara.

"Kemungkinan besar memiliki reservoir ekologis pada kelelawar, tetapi bagaimana virus datang dari kelelawar ke manusia masih harus dilihat dan ditemukan," tambahnya.


Dia tidak menanggapi permintaan untuk menjelaskan apakah ada kemungkinan virus tersebut lolos dari laboratorium secara tidak sengaja.

Institut Virologi Wuhan telah menepis desas-desus bahwa laborataroum itu mensintesis virus atau membiarkannya lolos.

"Kami masih menilai situasi tentang pengumuman Presiden Trump dan kami akan menilai situasi, kami akan bekerja dengan mitra kami untuk mengisi kesenjangan," kata Chaib saat ditanya tentang dampak keputusan Trump untuk menunda pendanaan ke WHO.


“Sangat penting untuk melanjutkan apa yang kita lakukan tidak hanya untuk Covid-19 tetapi untuk banyak program kesehatan lainnya,” tambahnya.

Penangan kesehatan tersebut merujuk pada tindakan melawan polio, HIV, malaria, dan lain sebagainya.

Dia mengatakan WHO didanai 81 persen untuk dua tahun ke depan pada akhir Maret, mengacu pada anggaran dua tahunannya sebesar 4,8 USD miliar.

Amerika adalah pendonor terbesar WHO, sementara kontributor besar lainnya adalah Gates Foundation dan Inggris.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com