Guru Matematika Bikin Masjid Transparan, Lihat Penampakannya

Masjid-transparan-Paradise-Has-Many-Gate-yang-didesain-Ajlan-Gharem.jpg
(Ajlan Gharem)

RIAU ONLINE, RIYADH-Seorang Guru Matematika sekaligus seniman bikin masjid unik. Tidak seperti umumnya masjid yang identik dengan arsitekturnya yang megah dan indah, masjid di Arab Saudi ini didesain transparan.

Dilansir berbagai sumber, masjid transparan ini merupakan karya Ajlan Gharem, seorang seniman dan juga guru matematika di Sekolah Umum Al Sahabah di Riyadh. Bernama ‘Pardise Has Many Gates’, masjid sederhana namun indah tersebut sarat akan makna.


Berukuran 10x30 meter, masjid transparan ini terbuat dari baja ringan dan dindingnya dibuat seperti jaring-jaring. Di dalamnya terdapat bentangan sajadah untuk para jemaah.


Sementara itu, bagian langit-langitnya dihiasi dengan lampu-lampu yang menyala di malam hari. Kamu juga bisa melihat lampu hijau di menara masjid.

Masjid ini tidaklah besar dan luas, mungkin hanya muat beberapa puluh orang saja di dalamnya. Gharem mengatakan bahwa masjid transparan ini tak hanya tentang agama, tetapi juga menjadi bentuk untuk perlawanan terhadap Islamophobia.

Menariknya, walaupun masjid ini baru viral sekarang, tetapi 'Paradise Has Many Gate' ternyata sudah ada sejak tahun 2015 dan hadir di beragam pameran seni. Seperti pameran di Galeri Brunei, London (2016), Asia House, London (2015), Quincy House, Fotofest Biennial, Houston (2014) dan British Museum (2014).

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com