Bikin Haru, Potret Ayah Tunarungu "Bicara" ke Putrinya

Ayah-Tunarungu-Ajak-Bicara-Putri-Kecilnya.jpg
(Ayah Tunarungu (sumber: instagram/untimelyblessing))

RIAU ONLINE, LONDON- Seorang ayah tunarungu yang berusaha menunjukan rasa cintanya kepada sang buah hati yang belum lama lahir.

Dalam video tersebut terlihat sang ayah berbicara menggunakan bahasa isyarat untuk menunjukkan perasaannya, seperti yang Liputan6.com lansir dari Instagram @untimelyblessing, Jumat 27 Desember 2019.

Mengalami Tuli
Dalam video berdurasi 41 detik terlihat seorang ayah sedang menunjukkan cinta yang besar terhadap putri kecilnya. Dalam unggahan tersebut bayi perempuan bernama Arrow tersebut terlihat nyaman berada dalam dekapan sang ayah. Diketahui ayah dari Arrow menderita Tunarungu.

Sebelumnya tim dokter telah mengonfirmasi bahwa Arrow juga menderita tunarungu. Dokter menjelaskan bahwa bayi yang terlahir dari orangtua tunarungu bisa berpotensi mengalami hal yang sama. Walaupun tidak semua, tapi kemungkinan anak dari tunarungu bisa mendengar hanya sedikit.

Arrow diketahui lahir pada usia 25 minggu sebelum waktu kelahiran dan menderita miceopreemie sehingga harus berada di NICU untuk beberapa hari. Hal ini bertujuan agar Arrow bisa kembali sehat dan dapat pulang ke rumah. Walaupun begitu Arrow tetap mendapatkan banyak dukungan dari orang sekitar.

Rasa Cinta Melalui Bahasa Isyarat

ASL diketahui merupakan bahasa utama bagi orang-orang yang menderita tunarungu. Walaupun terlahir sebagai tunarungu, keluarga tetap merasa beruntung memiliki Arrow. Mereka juga beruntung bahwa nanti kedepannya Arrow tidak akan mengalami kesulitan berkomunikasi karena ada sang ayah.

Diketahui bahwa sang ayah menderita tuli sejak berusia 11 tahun. Awalnya dia sempat kesulitan berkomunikasi karena keluarganya tidak tahu bagaimana menangani penderita tunarungu. Kini, ia mencoba mengenalkan bahasa isyarat (ASL) kepada bayinya agar bisa berkomunikasi sejak awal.

Dalam bahasa isyarat terlihat sang ayah mengatakan putri kecilnya bahwa ia begitu cantik dan mengungkapkan betapa dia sangat mencintai Arrow. Seolah merasakan kontak batin, Arrow menatap ayahnya dengan tatapan seolah mengerti dengan apa yang disampaikan oleh ayahnya.


Respons Netizen

Melihat respon Arrow tersebut, kebahagiaan terpacar di wajah sang ayah. Sontak unggahan tersebut mengundang perhatian warganet, tak sedikit yang memuji kasih sayang yang diperlihatkan oleh ayah dari baby Arrow ini.

"Dia mengatakan aku adalah ayahmu..kamu sangat cantik...mata hijau yang cantik...Bayi ini adalah micro preemie born deaf...soo cute..",tulis @drms92

"Lihat ini melalui halaman @daddydoinwork. Saya percaya itu adalah hal terindah yang pernah saya lihat ... sungguh gadis kecil yang beruntung! Cinta untuk kalian semua!", tulis @staryerphia.

“Ini benar-benar luar biasa” ungkap @briggadoon.

Artikel ini sudah terbit di Liputan6.com

-->