Ucapkan Belasungkawa, Trump Kirim Tim SAR hingga Militer ke Indonesia

Trump1.jpg
(CNN)


RIAU ONLINE - Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyatakan belasungkawa untuk pemerintah Indonesia yang tengah berduka atas gempa dan tsunami di Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, Jumat, 28 September 2018.

“Belasungkawa sedalam-dalamnya saya sampaikan kepada Indonesia. Teman saya, kami menyebutnya sebagai pemimpin, dan ia memang pemimpin hebat. Mereka (Indonesia.red) dihantam tsunami dahsyat. Beruntung lah warga di belahan bumi ini tidak sering melihat hal ini. Mereka mengatakan ini bencana terburuk," ungkap Trump, Senin, 1 Oktober 2018, melansir VOA Indonesia, jaringan RIAUONLINE.CO.ID.

"Kita sudah melihat dan mengalami tornado, badai, seluruh bentuk bencana alam. Saya tidak tahu mengapa, tetapi teman saya itu belajar tentang bencana alam. Ia mengatakan tsunami adalah bencana terburuk. Mereka (warga Indonesia.red) dihantam sangat hebat. Mungkin ribuan orang telah meninggal,” lanjutnya.

Baca Juga Presiden Izinkan Bantuan Internasional Masuk ke Palu

Lebih jauh, Trump mengatakan bahwa pemerintah Amerika telah mengirim tim SAR, militer dan beberapa pihak lainnya untuk membantu Indonesia. Namun, ia mengingatkan bahwa situasi di lokasi bencana kini sangat buruk.

Sementara, Pemerintah Indonesia, Senin kemarin menyatakan siap menerima bantuan internasional untuk mengatasi dampak gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Hal ini disampaikan Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal BKPM Tom Lembong melalui Twitter.


Klik Juga: 10 Negara, Termasuk China dan AS Antre Mau Bantu Gempa Palu

Menkopolhukam Wiranto menegaskan hal ini tak lama kemudian dengan mengatakan ada sedikitnya 18 negara yang menyatakan siap memberikan bantuan, antara lain Amerika, Australia, Jepang, Singapura, Swiss, Norwegia, Uni Eropa, Qatar dan Perancis. Indonesia berharap bantuan difokuskan pada empat jenis hal yang paling diperlukan saat ini dan sulit dipenuhi pemerintah dalam waktu singkat, yaitu transportasi udara, pengadaan air bersih, tenaga medis dan pengasapan (fogging) jenazah.

Berita ini sudah tayang di VOA Indonesia, dengan judul Presiden Trump Sampaikan Belasungkawa pada Indonesia, Siap Bantu

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id