Heboh, Ada Temuan Jarum Jahit di dalam Buah Stroberi di Australia

Jarum-jahit-dalam-stroberi.jpg
(FB Angela Stevenson)

RIAUONLINE, QUEENSLAND - Industri Stoberi di Australia dihebohkan dengan temuan tak wajar. Yakni ditemukannya sebuah jarum jahit di dalam buah stroberi pada Minggu, 16 September 2018 lalu.

Seperti dikutip dari Detikcom, Senin 17 September 2018, laporan temuan kontaminasi jarum suntik dalam buah stroberi ini, pertama kali ditemukan di Queensland.

Kemudian menyusul laporan di Sydney, New South Wales (NSW) dan terakhir di Adelaide Hills, Australia Selatan.

Kepolisian Australia Selatan (SA) ikut melakukan penyelidikan menyusul laporan temuan jarum dari sebuah buah stroberi dalam kemasan plastik yang dibeli dari supermarket di Adelaide Hills.

Polisi Australia Selatan mengatakan buah stroberi itu berasal dari produk stroberi kemasan merek Mals Black Label yang dibeli pada Sabtu 15 September 2018 sore dari supermarket Klosess Foodland di Littlehampton.

Ketika buah itu dimakan pada Minggu pagi ini, sebuah jarum ditemukan di dalam salah satu stroberi. Tidak ada yang terluka yang dilaporkan, tetapi semua stok yang tersisa telah disingkirkan dari semua lokasi di supermarket itu.

"Tidak ada laporan warga yang cedera tetapi temuan ini telah memicu kekhawatiran tentang masalah kontaminasi stroberi yang menyebar ke Australia Selatan," kata Dr Chris Lease, juru bicara untuk Kesehatan SA.

"Setiap kontaminasi yang disengaja sangat memprihatinkan dan tindakan kriminal. Terkait hal ini kami sangat mendorong masyarakat untuk memotong terlebih dahulu stroberi yang mereka beli sebelum mengkonsumsinya.

"Jika mereka menemukan buah yang terkontaminasi, mereka harus segera menghubungi polisi. Ini kejahatan serius yang ditangani polisi."


Insiden terbaru ini muncul setelah beberapa laporan stroberi terkontaminasi oleh pin dan jarum di sepanjang pantai timur Australia.

* Queensland tawarkan imbalan Rp 1 miliar

PEMERINTAH Pemerintah negara bagian Queensland menawarkan imbalan $ 100.000 atau setara Rp 1 miliar atas informasi yang bisa mengarahkan pada penangkapan pelaku yang bertanggung jawab atas kasus kontaminasi buah stroberi kemasan dengan jarum jahit.

Perdana Menteri Queensland Annastacia Palaszczuk telah menyetujui hadiah itu, dan mendesak masyarakat untuk bersama-sama menghentikan kejahatan tersebut.

Annastacia Palaszczuk mengatakan polisi sedang melakukan segala yang mereka bisa untuk menangkap mereka yang bertanggung jawab atas "tindakan yang tidak berperasaan".

Sementara itu, Kepala Inspektur Kepala Queensland Terry Lawrence mengatakan tidak ada bukti sabotase datang dari seorang karyawan yang tidak puas.

Polisi Queensland mengatakan pihaknya juga sedang memeriksa kemasan stroberi yang terkontaminasi untuk mengetahui apakah kasus ini terkait dengan kasus pertama atau karya seorang peniru.

Sejauh ini penyelidikan polisi menunjukkan temuan jarum jahit dalam buah stroberi kemasan mempengaruhi setidaknya 6 merek, yakni Donnybrook Berries, Love Berry, Delightful Stroberi dan merek Oasis, bersama dengan Berry Obsession dan Berry Licious, dua merek yang disebutkan awal pekan ini.

Sementara itu kasus temuan jarum jahit di dalam buah stroberi kemasan telah mempengaruhi petani stroberi. Tidak hanya di Queensland tapi petani stroberi dari negara bagian lain juga mengeluhkan jatuhnya harga stroberi dalam kemasan.

Tulisan ini sudah tayang di Detik.com dengan judul "Laporan Temuan Jarum Jahit dalam Buah Stroberi Terus Meluas di Australia"

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id