Rakyat Vietnam Beri Penghormatan Senator Jhon McCain

mccain.jpg
(ABC News)

RIAUONLINE - Sejumlah organisasi maupun petinggi pemerintahan Vietnam memberikan penghormatan kepada almarhum Senator John McCain di Kedutaan Amerika di Hanoi. Diantaranya adalah pemimpin-pemimpin Vietnam, wakil dari Komisi Hubungan Eksternal dari Komite Sentral Partai Komunis, beberapa kementerian, badan pemerintah, organisasi swasta, dan Vietnam-US Society, demikian dilaporkan media lokal.

McCain yang disiksa dan ditahan selama lima setengah tahun sebagai tahanan perang di Hanoi selama berlangsungnya perang Vietnam, meninggal karena kanker otak pada Sabtu pada usia 81 tahun di Arizona. Peringatan dimulai disana pada Rabu, kemudian jenazahnya diterbangkan bersama keluarganya ke Washington DC untuk disemayamkan di rotunda Gedung Kapitol. Pada Sabtu sebuah misa akan diselenggarakan di Katedral Nasional sebelum dimakamkan pada Minggu di kuburan Akademi Angkatan Laut di Annapolis, Maryland.

“Senator John McCain adalah anggota Kongres panutan, veteran perang Vietnam. Dia memimpin untuk menyembuhkan luka-luka perang dan mengupayakan normalisasi dan mempererat kemitraan Amerika – Vietnam,” demikian tulisan Deputi PM dan Menlu Vietnam Pham Binh Minh dalam buku duka cita di Kedutaan Besar Amerika di Hanoi.


Profesor Tuong Lai, salah satu kritikus pemerintah Vietnam yang terkemuka, menulis di buku duka cita itu, “Anda sangat dicintai rakyat Vietnam, dari para cendekiawan Vietnam.”

Rakyat Vietnam juga memberi penghormatan kepada McCain di Danau Truc Bach, Hanoi, tempat dia ditangkap pada 1967 ketika pasukan Vietnam menembak jatuh pesawat tempurnya. “McCain meninggal di Amerika, tetapi bunga-bunga menutupi tempat ini,” demikian bunyi salah satu laporan di Facebook.

Artikel ini lebih dulu tayang di VOA Indonesia dengan judul: Vietnam Beri Penghormatan kepada Senator McCain