BMKG Arab Prediksi Kemungkinan Banjir di Mekkah

ilustrasi-haji-dan-umrah.jpg
(internet)

RIAUONLINE, JAKARTA - Setelah hujan lebat dan angin kuat turun di Arafah, diprediksi akan ada bencana banjir.

Stasiun televisi lokal Al Akhbariya pada Minggu 19 Agustus 2018 melaporkan, Badan Meteorologi Arab Saudi mengumumkan kemungkinan banjir di Mekkah akibat hujan yang sangat lebat dan sedang.

Seperti dikutip dari Antaranews, Senin 20 Agustus 2018, Badan Meteorologi Arab Saudi memprakirakan bahwa cuaca yang tidak stabil yang menyelimuti Mekkah, Minna dan Arafah berlangsung sampai malam.

Sementara itu, dua juta jemaah di tenda Minna saat hujan turun. Jemaah ini berada di tenda di Minna untuk melaksanakan Ibadah Hari Tarwiyah.

Tak ada peringatan yang dikeluarkan berkaitan dengan keselamatan jemaah calon Haji, yang dijadwalkan menuju Padang Arafah saat Senin pagi waktu setempat.

Gambar yang ditayangkan stasiun televisi Al Arabiya di media sosial memperlihatkan Kiswah Ka`bah, kain yang menyelimuti Ka`bah, terbuka akibat kuatnya embusan angin di Mekkah pada Minggu malam.


Seperti diberitakan sebelumnya, angin kencang menerpa daerah sekitar perkemahan jemaah calon haji Indonesia.

Tenda jemaah haji untuk wukuf di Arafah diguyur hujan dan diterpa angin saat waktu salat Maghrib waktu setempat. Sebelum hujan turun, angin kencang menerpa daerah di sekitar perkemahan jemaah calon haji Indonesia.

Saat jemaah wudhu untuk salat Maghrib, pengumuman beberapa kali dikeluarkan agar jamaah tetap berada di tenda seiring terpaan angin yang menerbangkan debu di kawasan Padang Arafah.

Selain itu, akibat hujan tersebut, listrik di sekitar tenda Arafah juga mati, tapi tidak jelas apakah listrik padam berkaitan dengan mesin diesel pembangkit listrik yang terdampak hujan.

Kendati demikian, aktivitas jemaah calon haji tetap berlangsung seperti biasa. Mereka tetap melangsungkan salat Maghrib di tenda yang difungsikan sebagai musala sebagaimana biasa.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id