Bikin Pusing, Jumlah Babi di Negara ini Lebih Banyak dari Manusianya

Ilustrasi-babi.jpg
(internet)

RIAUONLINE, MADRID - Pemerintah Spanyol sedang pusing karena populasi babi di negaranya terbilang tinggi. Bahkan, untuk pertama kalinya dalam sejarah, jumlah babi di negara itu lebih banyak dari jumlah manusia.

Seperti ditayangkan Suara.com pada Senin 20 Agustus 2018, Kementerian Lingkungan Hidup Spanyol mendata jumlah babi saat ini sekitar 50 juta ekor, sementara penduduk Spanyol hanya 46,5 juta orang.

Angka itu menunjukkan bahwa populasi babi bertumbuh sebanyak 9 juta ekor sejak 2013. Pertumbuhan pesat ini dikhawatirkan akan merusak lingkungan Spanyol, meski babi telah menyumbang untuk pendapatan negara sebesar 6 miliar euro pada 2017 lalu.

Sektor peternakan, termasuk peternakan babi, menurut The Guardian adalah penghasil gas rumah kaca terbesar keempat setelah transportasi, pembangkit tenaga listrik, dan industri.

Peternakan babi juga mengonsumsi air dalam jumlah sangat besar dan ini adalah masalah sendiri bagi Spanyol yang sering dilanda kekeringan.

Babi diketahui mengonsumsi air 15 liter per hari dan secara total industri ini menggunakan air lebih banyak dari yang jumlah total penduduk Zaragoza, Sevila, dan Alicante.

Produksi daging babi juga berkali-kali didera skandal di Spanyol dan Eropa. Tahun ini polisi Spanyol menginvestigasi kasus penemuan cacing pada ham babi di Carrefour. Hasilnya polisi menemukan lebih dari 50 ton ham yang seharusnya dibuang, tetapi malah dijual sebagai produk baru.


"Ketika sebuah industri yang secara tradisional sering diterpa skandal tidak dikontrol, karena memang permintaan lebih banyak dari produk, maka inilah yang terjadi," kata Francisco Espárrago, produsen daging babi tradisional dari Extremadura di Spanyol bagian barat.

Konsumsi daging sapi di Spanyol diperkirakan 21 kilogram per orang setiap tahun.

Daging babi sendiri sudah jadi bagian dari budaya Spanyol. Para sejarahwan dari zaman Romawi kuno sudah menulis soal kelezatan ham Spanyol ribuan tahun lalu dan di era Visigoth babi mendapat perlakukan khusus dari pemerintah.

Ketika Islam menaklukan Semenanjung Iberia, babi menjadi simbol perlawanan kerajaan-kerajaan Kristen di wilayah itu.

Setelah para penakluk Muslim dipukul mundur, para penguasa Kristen memaksa orang-orang Islam dan Yahudi yang telah memeluk agama Kristen untuk mengonsumsi daging babi di depan umum sebagai bukti.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id