Wah, Jet Tempur NATO Tak Sengaja Tembakkan Rudal

Ilustrasi-jet-Typhoon-2000.jpg
(internet)

RIAUONLINE, TALLINN - Apa jadinya jika sebuah pesawat tempur tak sengaja melepaskan rudal yang merupakan bagian dari sistem persenjataannya?

Inilah yang terjadai pada sebuah pesawat jet tempur Typhoon NATO milik militer Spanyol. Jet tersebut secara tidak sengaja menembakkan rudal ke dekat perbatasan Rusia.

Untung saja, insiden itu masih berada di wilayah udara Estonia.

Seperti dikutip dari Sindonews, Rabu 8 Agustus 2018, pesawat tempur Typhoon 2000 yang menembakkan rudal itu diketahui milik militer Spanyol, salah satu anggota NATO. Insiden tersebut terjadi di dekat Kota Otepaa di Estonia selatan, pada pukul 15.44 waktu setempat, Selasa 7 Agustus 2018 kemarin.

Pasukan Pertahanan Estonia (EDF) mengatakan peluncuran rudal jenis AMRAAM tersebut tidak sengaja dan menyimpang dari rute semestinya. Senjata itu diklaim memiliki mode penghancuran diri sendiri yang menyebabkannya meledak di udara jika terjadi peluncuran yang tidak disengaja.

EDF mengatakan, rudal sepanjang 3,7 meter (12,1 kaki) diduga telah jatuh ke tanah. Hanya saja nasib senjata itu belum diketahui.


Misil dari jet tempur Spanyol itu diduga mendarat 40km (25 mil) di utara Tartu, sekitar 50km (31 mil) dari Kota Chudskaya Rudnitsato, kota perbatasan Rusia.

Belum ada laporan cedera atau kerusakan terkait insiden ini. Pihak NATO belum berkomentar. Misi pencarian yang melibatkan helikopter telah diluncurkan oleh EDF.

Jet tempur Typhoon Spanyol secara teratur berpatroli di wilayah udara Lithuania, Estonia, dan Latvia sebagai bagian dari misi udara Baltik oleh NATO.

Kementerian pertahanan Rusia di Moskow belum berkomentar tentang peluncuran rudal yang tidak disengaja oleh jet tempur NATO di Estonia.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id