Pengugsi Rohingya Bersedia Kembali ke Myamnar, Asal Syarat ini Terpenuhi

Etnis-Rohingya.jpg
(Internet)

RIAUONLINE, BANGLADESH - Ribuan etnis Rohingya masih menempati kamp penampungan di wilayah Bangladesh. Mereka selama ini menolak untuk kembali ke negaranya di Myanmar lantaran keamanannya tak terjamin.

Namun saat utusan PBB meninjau penampungan mereka di Bangladesh pekan ini, ada sedikit perubahan. Seperti dikutip dari VOA Indonesia, Rabu 18 Juli 2018, mereka mau pulang asalkan situasi aman dan jika diberi hak kewarganegaraan.

Seperti dilaporkan AFP, utusan PBB untuk Myanmar, Christine Schraner Burgener, menemui pengungsi Muslim Rohingya di Cox Bazar selama kunjungan tiga hari di Bangladesh. Kunjungan berlangsung hanya beberapa minggu setelah melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Myanmar tentang krisis pengungsi itu.

"Burgener mendengar laporan dari pengungsi tentang kekejaman yang tidak dapat digambarkan yang terjadi di negara bagian Rakhine," menurut pernyataan PBB.

Di samping pelanggaran berat terhadap hak asasi manusia, pengungsi mengatakan kepada Burgener tentang harapan mereka untuk bisa pulang jika keamanan untuk itu bisa dijamin dan mereka diberi kewarganegaraan.


Para pejabat urusan hak asasi manusia PBB telah mendokumentasikan semua tuduhan tentang pembantaian massal, perkosaan dan penghancuran desa-desa oleh militer Myanmar. Namun pemerintah Myanmar membantah hal tersebut.

Amerika, Inggris dan Perancis maupun PBB telah menyatakan operasi militer Myanmar itu sebagai pembersihan etnis.

Burgener mengatakan, Bangladesh membutuhkan banyak bantuan internasional untuk menangani pengungsi Rohingya dan mengatasi risiko tanah longsor akibat musim penghujan yang sejauh ini telah meminta korban 12 orang meninggal di dekat penampungan pengungsi itu.

Burgener akan menyampaikan laporan kunjungannya dalam sidang tertutup Dewan Keamanan PBB, Senin 23 Juli 2018 mendatang.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id