Rp 409 M Disita dari Najib Razak, Butuh 3 Hari untuk Menghitung

Uang-Najib-Razak.jpg
(BBC INDONESIA/AFP)

RIAU ONLINE - Uang kontan sebanyak US$29 juta atau sekitar Rp409 miliar disita dari rumah-rumah milik mantan Perdana Menteri Malaysia, Najib Razak di Kuala Lumpur.

Pejabat Polisi Malaysia, Amar Singh menyebutkan pihaknya menemukan uang dalam 26 mata uang berbeda. "Jumlahnya 114 juta ringgit (sekitar Rp409 miliar)," kata Amar Sing.

Uang kontan ini ditemukan di 35 tas di sebuah apartemen. Di lokasi yang sama, ditemukan pula 37 tas berisi jam tangan dan perhiasan. Polisi juga menemukan 284 kotak berisi tas-tas tangan mahal.

Sekitar 150 tas tangan juga disita polisi di apartemen lain di kompleks yang sama. Secara keseluruhan polisi menggerebek 12 lokasi pekan lalu, termasuk beberapa rumah atau apartemen milik Najib.


Bahkan untuk membawa tas-tas uang ini, polisi mengerahkan hingga lima truk. Dibutuhkan 22 petugas bank dan waktu tiga hari untuk menghitung uang yang terbagi dalam 26 mata uang berbeda, seperti dilansir dari BBC Indonesia, Sabtu, 26 Mei 2018.

Baca Juga Inilah Satgas Pemburu 'Rp64 Triliun' yang Hilang Dari 1MDB Malaysia

Polisi menyebutkan sekitar 400 tas tangan mahal yang disita, banyak diantaranya buatan perusahaan barang mewah Prancis, Hermes. Amar Singh mengatakan tas-tas ini akan difoto dan dikirim ke kantor Hermes di Prancis untuk mendapatkan kisaran nilainya.

Penyelidikan terhadap Najib adalah bagian dari upaya pemerintah membongkar dugaan kasus korupsi di lembaga investasi negara, 1MDB, yang dimulai hanya beberapa hari setelah kekalahan mengejutkan koalisi pimpinan Najib di pemilihan umum 9 Mei.