3 Kapal Perang Australia Dihadang di Laut China Selatan

Kapal-perang-terbesar-Angkatan-Laut-Australia.jpg
(Tempo.co)

RIAU ONLINE - Tiga kapal perang Australia dihadang kapal Angkatan Laut Pembebasan Rakyat (PLA) saat melintasi Laut China Selatan dalam perjalan menuju Vietnam.

Perdana Menteri Australia, Malcolm Turnbull, menegaskan angkatan laut negaranya berhak untuk melakukan navigasi di perairan yang disengketakan itu.

"Australia menegaskan dan menerapkan haknya untuk kebebasan navigasi di seluruh samudera dunia, termasuk Laut Cina Selatan," tegas Turnbull seperti dilansir dari Tempo.co, Sabtu, 21 April 2018.

Sementara itu, melalui Kementerian Pertahanan, Pemerintah Cina jua telah mengkonfirmasi insiden melalui pernyataan pada Jumat, 20 April 2018. Kementerian itu menjelaskan PLA menggunakan bahasa profesional dan sesuai standar internasional saat menghadang 3 kapal Australia pada 15 April 2018.

Sebelumnya, tiga kapal angkatan laut Australia Anzac, Toowoomba dan Success, berada di Asia Tenggara dalam misi 3 bulan, yang melibatkan latihan perang dengan sejumlah negara di kawasan itu.

The Toowoomba berlayar ke Vietnam dari Malaysia, sementara dua kapal perang Australia lainnya pergi melalui Laut China Selatan dari Subic Bay di Filipina.

Sedangkan, Cina baru-baru ini menyelesaikan latihan militer besar-besar di Laut China Selatan, yang menjadi wilayah laut sengketa dengan Vietnam, Filipina, Malaysia, Brunei, dan Taiwan.

Latihan perang angkatan laut cina ini melibatkan 48 kapal perang berbagai jenis dan 76 pesawat jet tempur. Latihan perang ini ditutup oleh Presiden Xi Jinping, yang meminta pasukannya melakukan modernisasi massal agar setara dengan angkatan laut kelas dunia. Dia juga meminta angkatan laut membuat berbagai simulasi pertempuran moderen di Laut Cina Selatan.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id