Astaga, Latihan Angkatan Udara China Dibayang-bayangi Pesawat Jet Taiwan

Pesawat-Tempur-Taiwan-dan-Pesawat-Pembom-China.jpg
(VOAINDONESIA.COM)

RIAU ONLINE - Taiwan mengerahkan pesawatnya untuk membayang-bayangi jet-jet tempur angkatan udara China yang terbang melintasi Selat Bashi ke sebelah selatan pulau tersebut, Senin, 26 Maret 2018. Langkah terbaru ini tampaknya semakin menambah ketegangan antara Taipei dan Beijing.

Menteri Pertahanan Taiwan mengatakan, china mengerahkan sejumlah pesawat pembom Xian H-6, jet-jet tempur Su-30 da pesawat transportasi Y-8. Sementara jet-jet Taiwan terus mengikuti pesawat China hingga kembali ke pangkalannya.

Sebelumnya pada 21 Maret lalu, Taiwan telah mengerahkan kapal-kapal dan pesawatnya untuk mengawasi sebuah armada kapal induk yang melintasi Selat Taiwan yang sempit.

Seperti diketahui, Taiwan adalah salah satu isu China yang paling sensitif dan berpotensi menjadi sumber konflik militer.

Pergerakan militer China itu muncul di tengah meningkatnya ketegangan antara Beijing dan pulau yang otonom itu dan menyusul peringatan keras oleh Presiden China Xi Jinping terhadap upaya separatisme Taiwan.

Dilansir dari VOA Indonesia, Selasa, 27 Maret 2018, China mengklaim Taiwan sebagai miliknya dan menganggap pulau iitu sebagai provinsi yang terpisah laitan.

Xi mengatakan pekan lalu Taiwan akan menghadapi "hukuman sejarah" apabila melakukan upaya separatisme.

Taiwan mengatakan China telah meningkatkan latihan-latihan militer di sekitar pulau itu dalam setahun belakangan. Meskipun China berkeras tidak ada niatan bermusuhan, aktivitasnya di sekitar Taiwan, dan di jalur air Laut China Selatan yang sibuk, telah menyebabkan ketegangan di kawasan itu dan di AS.

Wakil Menteri Luar Negeri AS Alex Wong membuat marah Beijing dalam lawatan baru-baru ini ke Taiwan dengan mengatakan komitmen AS ke pulau itu lebih kuat dari sebelumnya. Beijing sudah marah karena sebuah UU yang ditandatangani dua pekan lalu oleh Presiden AS Donald Trump yang menganjurkan AS mengirim para pejabat senior ke Taiwan untuk bertemu rekan-rekan setara mereka, dan sebaliknya.

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE 

Follow Twitter @red_riauonline

Subscribe Channel Youtube Riau Online

Follow Instagram riauonline.co.id 

 

 

-->