Facebook Punya Cara Unik Tentukan Gaji Calon Karyawan

Facebook.jpg
(Internet)

RIAU ONLINE - Facebook adalah salah satu perusahaan teknologi yang diidam-idamkan para karyawan. Perusahaan ini beberapa kali mendapatkan gelar sebagai "Tempat Kerja Terbaik" dari berbagai situs pencari kerja.

Tak hanya dari faktor fasilitas, Facebook juga dianggap memberikan gaji yang terbilang tinggi untuk karyawan. Menurut situs lowongan kerja Glassdoor, rata-rata gaji pokok tahunan di Facebook adalah 120.000 dolar AS, sementara total kompensasi rata-rata berkisar 155.000 dolar AS.

Ketika mewawancara calon karyawan, Facebook memiliki cara tersendiri untuk menentukan besaran gaji karyawan, yang dihitung berdasarkan jenis pekerjaan, pengalaman, dan lokasi kantor.

Sebagaimana dijelaskan oleh Janelle Gale selaku VP Facebook HR, proses negosiasi gaji tidak selalu dilakukan oleh Facebook.


"Kami tidak selalu melakukan negosiasi saat penentuan gaji. Kami tidak memperkerjakan Anda untuk keterampilan negosiasi. Namun terdapat pengecualian untuk jabatan yang membutuhkan keterampilan negosiasi," katanya seperti dilansir laman Suara, Selasa 13 Maret 2018.

Ia melanjutkan, Facebook akan mempertimbangkan gaji yang diterima calon karyawan di perusahaan sebelumnya. Hal itu dilakukan agar calon karyawan merasa diperlakukan adil.

"Jika nilai keseluruhan dari penawaran di bawah gaji sebelumnya, analis kompensasi akan bekerja untuk memberikan penawaran yang kompetitif," lanjutnya.

Terakhir, lanjut Gale, Facebook tidak akan asal memberikan kompensasi kepada seseorang.

Menurutnya, kompensasi akan diberikan kepada kandidat yang benar-benar layak.

"Kami memiliki sikap yang sangat ketat tentang kompensasi," tutupnya.(2)