Kapal Selam Perang Dunia II Ditemukan Penuh 71 Jasad Pelaut

Kapal-Selam.jpg
(IMPERIAL WAR MUSEUMS)

 

RIAU ONLINE - Sebuah kapal selam Inggris HMS P311 yang legendaris yang sempat hilang di Laut Mediterania selama 73 tahun saat Perang Dunia II, ditemukan di lepas Pantai Sardinia oleh seorang pencari kapal karam bernama Massimo Domenico Bardone.

 

Dilansir dari Mirror, kapal 1.290 ton tersebut ditemukan penuh dengan 71 jasad pelaut heroik pada kedalaman 100 meter dekat Pulau Tavolara, lepas pantai timut Laut Sardinia.

 

Bordone melihat kapal selam itu saat ia berada di kedalaman 80 meter laut dan melihat objek sepanjang 84 meter.

 

Paolo Pegararo dari klub L'Orso diving, yang menyediakan logistik Bordone dalam operasi pencarian kapal karam, mengatakan kepada Telegraph bahwa ia menyakini bahwa itu adalah P311 berdasarkan identifikasi yang dilakukan Bordone.


 

"Ini adalah 100 persen P311, karena ini adalah satu-satunya kapal selam dengan karakteristik yang sangat khusus dan menjadi pembedanya dari yang lain," kata Pegararo seperti dikutip dari Telegraph, Kamis (26/5/2016).

 

Sementara, awak kapal yang telah tewas di dalam kapal selam menurut Angkatan Laut Inggris kemungkinan tidak akan dipindahkan, meskipun diantaranya ditemukan jasad-jasad pelut mereka.

 

P311 berlayar dari Malta pada Desember 1942 bersama 71 awak kapal dalam misi melawan kapal perang Italia, Trieste dan Gorizia di Pelabuhan Maddalena di Pantai Sardinia.

 

Namun, menghilang secara misterius pada Januari 1943. Para ahli menduga kapal selam tenggelam akibat menghantam ranjau milik Italia.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline

 

Sumber: MIRROR|TELEGRAPH