Dalam Sebulan Pengemis Ini Peroleh Rp 1 Miliar

Pengemis.jpg
(Hadrian Hernandez/Gulf News)

RIAU ONLINE - Pengemis tak jarang diidentikan dengan kemiskinan, namun tampaknya anggapan tersebut mulai memudar. Seperti seperti seorang pengemis di Dubai yang mampu menghasilkan Dh270,000 atau sekitar Rp 1 miliar per bulan.

 

Pengemis profesional ini tertangkap oleh polisi Dubai sebagai upaya dalam memberantas peminta-peminta yang baru-baru ini dikampanyekan pemerintah Kota Dubai.

 

Kepala Bagian Pemasaran Kotamadya, Faisal Al Badawi mengatakan dalam kurun waktu tiga bulan pertama 2016, pengemis yang tertangkap sudah berjumlah 59 orang.

 

"Beberapa pengemis membawa paspor yang dikeluarkan dengan visa bisnis atau wisata. Dalam kampanye, kami menemukan bahwa mayoritas pengemis telah memasuki negara secara ilegal dengan visa tiga bulan, untuk mengumpulkan uang sebanyak yang mereka bisa selama mereka di sini," ungkap Faisal seperti dikutip dari Gulf News, Jumat (15/4/2016).

 

"Kami menemukan salah satu pengemis mengumpulkan lebih dari Dh 270.000 sebulan," lanjutnya.

 

"Menurut perhitungan kami, kami menemukan rata-rata pengemis memperoleh hampir Dh 9.000 per hari, yang setara dengan Dh1,500 per setengah jam. Tapi kami yakin bahwa lebih banyak uang dikumpulkan pada hari Jumat, terutama jika mereka berada Masjid," kata Al Badiawi.

 

Pemerintah Dubai tengah melakukan kampanye selama setahun untuk memerangi pengemis di sepanjang jalan-jalan di Dubai, terutama selama dan dalam jangka jelang Ramadan.

 

GulfGulf News sebelumnya melaporkan bahwa pada 2015, Polisi Dubai telah mengkap 197 pengemis selama Ramadan dalam kampanye anti-mengemis.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline