Siapakah Kelompok Militan Abu Sayyaf?

Abu-Sayyaf-2.jpg
(FOTO: MELVYN CALDEROn/LIAISON/GETTY IMAGE)

RIAU ONLINE - Meskipun populasinya tidak diketahui, kelompok ektremis Abu Sayyaf Group (ASG) terbilang sebagai kelompok tanpa landasan hukum dengan populasi terkecil di Filipina, namun kelompok ini termasuk paling kejam.

 

Analis Keamanan Internasional, Prof. Rommel Banlaoi telah menerbitkan makalah ilmiah tentang ASG. ASG digambarkan sebagai 'yang terkecil, namun kelopok ektremis Muslim paling menakutkan di Filipinan.

 

Lembaga Keamanan Nasional Australia mengatakan terdapat sekitar 400 pejuang ASG hingga hari ini, sosok yang terus berfluktuasi karena upaya kontraterorisme, baik loka maupun internasional.

 

Para anggota ASG biasanya pemuda Muslim Filipina yang berasal dari kepulauan Sulu dan seluruh wilayah Mindanao selatan. Sebagian besar mereka berbasis di Mindanao Barat, ASG beroperasi terutama di provinsi Basilan, Sulu dan Tawi-tawi di kepulauan Sulu.

 

Abu Sayyaf adalah kelompok bersenjata yang paling dilarang oleh pengadilan Filipina pada 2015 lalu. Kelompok ini sudah terdaftar oleh Dewan Keamanan PBB sebagai kelompok yang dikaitkan dengan Al Qaeda sejak Oktober 2001.

 

Kelompok ini berjanji setia kepada ISIS, kelompok teroris paling mematikan di dunia. Abu Sayyaf dibentuk pada awal 1990-an melalui kepemimpinan Abdurajak Janjalani, seorang pemimpin agama kharismatik dari Basilan.

 

Setelah Abdurajak Janjalani pernah belajar di Timur Tengah, di sana konon ia bertemu dengan pemimpin Al Qaeda, Osama bin Laden, Janjalani memimpin kelompok yang memisahkan diri dari gerakan separatis yang didirikan Fron Pembebasan Nasional Moro (MNLF).

 

Inilah yang menandai kelahiran Abu Sayyaf Group pada 1993, menurut narasi ASG sendiri senjarahnya dianeksasi dalam buku Banlaoi, Al-Harakatul Al Islamiyyah: Esai dari Abu Sayyaf.

 

Nama asli dari ASG adalah Al-Harakat Al Islamiyyah atau 'Gerakan Islam,' namun kemudia Janjalani mengubahnya menjadi Abu Sayyaf alias pemimpin perlawanan di Afghanistan.

 

Saat baku tempab di Basilan pada 1998, pasukan Filipina tewas, kemudian ASG melakukan penculikan massal terhadap guru sekolah dan siswa di Tumahubong di Basilan.

 

ASG kemudian terpecah menjadi dua faksi. Satu faksi dipimpin oleh adiknya Khadafi Abubakar Janjalani dan yang lainnya dipimpin oleh seorang komandan bernama Galib Andang.

 

Pada September 2006, Janjalanu muda tewas dalam sebuah pertempuran dengan Angkatan Bersenjata Filipina (AFP), sementara Andang ditangkap pada tahun 2003 dan tewas dalam sebuah jailbreak pada 2005.


 

Sejak itu, masih belum jelas pemimpin tunggal untuk menuju organisasi terfragmentasi, meskipun sejumlah tokoh kepemimpinan telah muncul melaksanakan operasi mereka sendiri.

 

Lalu, apa yang diinginkan Abu Sayyaf?

 

Sejak awal, pendiri Janjalani bersama dengan mantan anggota MNLF ingin mendirikan sebuah negara Islam yang merdeka di Mindanao.

 

Meskipun berideologi jihad, kelompok itu sekarang terlihat mendapat banyak keuntungan, terlebih lagi sejak mereka melakukan kegiatan penculikan dan meminta uang tebusan. Sejak tahun 2007, serangan meluas menjadi pemboman besar-besaran untuk kegiatan penculikan.

 

Dalam operasi penculikan pertama, mereka menculik seorang pengusaha di Davao City. Korban kemudian dibebaskan setelah uang tebusan dibayar.

 

"Uang tebusan itu kemudian digunakan untuk membeli lebih banyak senjata api untuk kelompok dan lain-lain didistribusikan di antara mujahidin," tulis Khadafi Janjalani di akun mereka yagn memuat sejarah kelompok ASG, seperti dikutip dari CNN Philippines.

 

Ia mengatakan uang yang diperoleh dari penculikan sebagai uang tebusan tidak pernah digunakan untuk kepentingan pribadi.

 

Kelompok ini diyakini lebih mengutamakan kekerasan daripada negosiasi. Pada bulan Juli 2014, dilaporkan sedikitnya 21 Muslim tewas saat merayakan akhir Ramadan di Jolo, karena mereka meminta proses perdamaian.

 

Serangan teroris yang pernah Abu Sayyaf lakukan

 

ASG telah terlibat dalam beberapa serangan teroris termasuk pemboman, pembunuhan, dan penculikan sebagai. Ini telah menargetkan militer, polisi, pembisnis, dan individu swasta lokal maupun asing.

 

ASG ditandai pertama kali ditandai sebagai organisasi teroris oleh AFP dan Kepolisian Nasional Filipina (PNP) ketika mengaku bertanggung jawab atas pemboman 1991 M / V Doulous, kapal misionaris Kristen berlabuh di pelabuhan Zamboanga. Hal ini diikuti dengan 1.992 pembunuhan misionaris Italia Fr. Salvatorre Carzedda di Zamboanga City, Banlaoi.

 

Global Terorisme Database (GTD) sebuah lembaga dataset komprehensif tentang kegiatan teroris global yang dikumpulkan oleh Konsorsium Nasional AS untuk Studi Terorisme dan Responses to Terorisme (START) mencatat ada 340 insiden teroris yang dilakukan ASG dsejak tahun 1990-an hingga Desember 2014.

 

Pada April 2000, ASG melakukan serangan internasional pertamanya, menculik 21 orang dari sebuah resort menyelam di pulau Sipadan, Malaysia.

 

Berikut beberapa serangan utama yang pernah dilakukan Abu Sayyaf Group yang dicatat oleh Dewan Keamanan U.N.

 

Mei 2001. Menculik tiga warga AS dan 17 warga Filipina dari sebuah resor di Palawan dan membunuh beberapa sandera.

 

27 Februari 2014. Melakukan pemboman terhadap feri di Manila Bay yang menewaskan 16 orang.

 

14 Februari 2005. Melakukan pemboman simultan di Manila, General Santos dan kota Davao dan menewaskan sedikitnya 8 orang dan melukai sekitar 150 orang

 

Juli 2007. ASG dan anggota MILF bertempur dengan Marinir Filipina di pulau Basilan, membunuh 14 anggota

 

November 2007. Suspected ASG menanam bom di luar DPR, menewaskan satu anggota parlemen dan tiga anggota staf

 

Januari 2009. menculik tiga pekerja Palang Merah Internasional di Sulu

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline