Pasukan Kristen Ini Siap Mati Lawan ISIS

Pejuang-Syiah.jpg
(REUTERS)

RIAU ONLINE - Kelompok militan Islam Irak Suriah yang ingin mendirikan negara Islam, mendapat perlawanan dari Unit militer Kristen Irak, Nineveh Plain Forces (NPF).

 

Pasukan bersenjata dari unit militer Kristen ini ditempatkan di Tal Qasab, sekitar 72 kilometer barat laut Mosul. Lembaga ini dibentuk bulan September 2014 untuk memberikan perlawanan terhadap serangan ISIS pada wilayah-wilayah Kristen di Irak bagian utara.

 

(Baca Juga: Ini Isi Buku Panduan Digital ISIS

 

NPF bertanggung-jawab kepada pemerintah regional Kurdi-Irak, di mana pejuang-pejuang Peshmerga memainkan peran penting dalam perang melawan ISIS.

 


Komandan NPF, Sefa Ilyas Checo, dalam wawancara dengan VOA, mengatakan pasukannya telah bertempur bersama Peshmerga-Kurdi, pemberi senjata dan pelatihan.

 

"Kami saat ini memiliki 600 pejuang terlatih dan lebih banyak lagi anak muda Kristen yang siap bergabung," ujar Checo. Ditambahkannya "kami siap melawan ISIS di dalam kota Mosul."

 

Nineveh Plains merupakan kawasan di bagian timur laut kota Mosul dan kediaman bagi banyak warga minoritas Irak seperti penganut Kristen, Yazidi, Shabaks dan Turkmen.

 

(Klik Juga: Demi ISIS Anak Ini Tembak Mati Ibunya di Depan Orang Ramai

 

Beberapa laporan memperkirakan sekitar 150 hingga 200 ribu warga Kristen tinggal di kawasan itu sebelum ISIS merebut sebagian besar wilayah tersebut. 

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline