Alibaba Sponsori FIFA 8 Tahun

Jack-Ma-Pendiri-Alibaba.jpg
(INTERNET)

RIAU ONLINE, BEIJING - Tak lagi hanya bermain di ranah e-commerce, Alibaba Group Holding Ltd, raksasa e-commerce asal Tiongkok, mengumumkan komitmennya untuk mendukung kegiatan FIFA hingga 8 tahun mendatang.

 

Untuk kemitraan ini, Alibaba akan mengusung mobil digitalnya, Alibaba E-Auto, akan menjadi sponsor resmi Piala Dunia FIFA Club. Awal tahun ini, Alibaba E-Auto akan hadir di kedua stadion dan tampil dalam tayangan liputan TV berskala global. (Baca Juga: Bahas Cyber, Presiden Pakistan Gandeng China

 

"Olahraga adalah visi strategis Alibaba untuk memperoleh tujuan berupa kesehatan dan kebahagiaan. Kami berharap untuk menambahkan nilai baru bagi peserta dan konsumen di sektor olahraga melalui teknologi internet berbasis data," kata CEO Alibaba, Zhang Yong, dalam pengumuman mengenai kemitraan ini di Tokyo, akhir pekan ini.

 

Kemitraan ini akan berlangsung hingga 2022 dan mempromosikan bisnis mobil pertama Alibaba, yang dijadwalkan akan diluncurkan tahun 2016 mendatang.

 

Sebelumnya, September lalu, Allibab mengumumkan perusahaan pemimpin pasar perdagangan digital di Asia ini sedang menyiapkan operasi baru untuk memasuki pasar olahraga Tiongkok yang bernilai multi-triliun-yuan. (Klik Juga: Soal Natuna, Indonesia Ancam Bawa China ke Pengadilan Internasional

 

Melalui Ali Sport, perusahaan yang baru didirikan Alibaba untuk masuk di industri olahraga ini diharapkan untuk menggunakan teknologi digital untuk mengubah seluruh rantai industri industri olahraga tradisional Tiongkok.

 

Pertengahan tahun ini, Alibaba telah berinvestasi denngan membangun Guangzhou Evergrande Taobao Football Club dan kini menjadi mitra dari Piala Dunia FIFA Club.

 

Analis industri Asia mengatakan bahwa setelah menjadi mitra untuk acara-acara yang biasa disponsori oleh Toyota Motor Corp, dan yang dianggap klub paling bergengsi turnamen olahraga, Alibaba sekarang bisa mendorong ke depan dengan lebih banyak kegiatan yang berhubungan dengan olahraga. (Lihat Juga: (Video) Kabut Asap Tebal Melanda China

 

Sebagai pemain dominan dalam industri belanja online China, Alibaba memiliki 367 juta pengguna aktif pada akhir Juni, dan ribuan merek olahraga telah menyiapkan toko virtual pada platform belanja online terbesar ini.

 

Jiang Qian, seorang analis yang berbasis di Beijing Analisa Internasional, mengatakan bahwa selain dari e-commerce, ekosistem bisnis Alibaba juga memiliki kelebihan dalam media, komputasi awan (cloud computig) dan perangkat pintar, yang dapat dimanfaatkan untuk memperoleh keuntungan dalam penyiaran dan distribusi program olahraga. (Elizabeth Swanti)



Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline