Justin Bieber Menyamai Rekor Legenda Pop Asal Inggris

justin-beiber.jpg
(INTERNET)

 

RIAU ONLINE, JAKARTA - Sebelumnya, belum ada yang mengalahkan prestasi John Lennon. Tiga lagu miliknya bertengger di tangga lagu Inggris lebih dari tiga dekade lalu, 1981. Kini, seorang penyanyi muda telah menyamai rekor sang legenda. Penyanyi itu adalah Justin Bieber.

 

Diberitakan Reuters, mantan Selena Gomez itu baru punya prestasi yang persis seperti Lennon. Tiga lagu barunya bertengger sekaligus di peringkat lima besar tangga lagu Inggris, tercatat pada Jumat (20/11).

 

Lagu berjudul Sorry menempati peringkat pertama, sementara Love Yourself dan What do You Mean ada di peringkat ke-tiga serta ke-lima. Sorry bahkan menggeser lagu baru Adele yang cukup fenomenal, Hello.

 

Setelah hampir tiga pekan berada di puncak tangga lagu, Hello turun ke peringkat dua. (BACA JUGA: Lewat Lagu Iwan Fals Tagih Janji-janji Jokowi)

 

Januari 1981 lalu, Lennon mendominasi tangga lagu dengan Imagine, Happy Xmas (War is Over), dan (Just Like) Starting Over. Imagine menempati peringkat pertama, sementara Happy Xmas (War is Over) di peringkat ke-tiga dan (Just Like) Starting Over ada di peringkat ke-lima.

 

Itu terjadi hanya sebulan setelah Lennon ditembak sampai meninggal di New York. Posisi lagu-lagunya itu persis seperti peringkat yang diraih senandung Bieber.

 

Ketiga lagu Bieber yang meraja berasal dari album Purpose, yang sudah terjual sekitar 90 ribu kopi pekan ini saja. Namun, belum tentu prestasi Bieber kali ini akan bertahan lama. Ia punya pesaing yang rilis album di tanggal sama, One Direction.

 

Meski seluruh lagu dari album Purpose Bieber menempati setidaknya 100 terbaik dalam tangga lagu, soal peringkat album Made in the A.M. One Direction masih menang. Ia dianggap album dengan penjualan tercepat sepanjang tahun 2015 ini.

 

Made in the A.M. sudah terjual sebanyak 93 ribu kopi. Itu merupakan album ke-empat milik One Direction yang laris. Sebelumnya sudah ada Take Me Home (2012), Midnight Memories (2013), dan Four (2014).

 

Meski bersaing dengan Bieber, grup asal Inggris dan penyanyi asal Kanada itu sama-sama memecahkan rekor untuk album yang paling banyak ditonton streaming dalam pekan pertamanya rilis, dari Spotify.

 

Purpose mencetak rekor baru dengan di-streaming sebanyak 205 juta kali di dunia, sementara Made in the A.M. di-streaming sebanyak 106 juta kali. Keduanya mengalahkan pemegang rekor sebelumnya, Beauty Behind the Madness milik The Weeknd yang di-streaming sebanyak 90 juta kali.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline