(Video) Detik-detik Jelang Jatuhnya Crane di Masjidil Haram

Alat-berat-roboh-timpa-jamaah-haji-4.jpg
(Channel Islam International)

RIAU ONLINE, MEKKAH - Pemerintah Arab Saudi menyatakan sedikitnya 87 orang tewas dan lebih dari 187 lainnya luka-luka ketika sebuah crane berukuran besar ambruk menimpa atap Masjidil Haram, Mekkah, Jumat (11/9/2015) sore. (Baca Juga: Alat Berat (Crane) Roboh di Masjidil Haram, Timpa Jemaah Haji

 

Menteri Agama Indonesia, Lukman Saifudin, melalui pesan singkat memastikan sedikitnya satu warga negara Indonesia tewas dalam insiden ambruknya crane tersebut. Alat berat itu digunakan untuk memperluas area kompleks Masjidil Haram memang sedang berlangsung. (Klik Juga: Selamat Jalan Hanum, Gadis Kecil Korban Ganasnya Asap Riau

 

Foto-foto yang beredar di media sosial memperlihatkan para jemaah haji dengan darah di baju ihram mereka dan puing-puing dari crane yang ambruk.

 

لحظة وقوع رافعة البناء في الحرم المكي الشريف


Posted by ‎إذاعة صوت الغد‎ on 11 September 2015

 

Tragedi ini terjadi menjelang pelaksanaan ibadah tahunan haji yang akan dimulai pada akhir September ini. Jutaan warga Muslim dari berbagai penjuru dunia diperkirakan akan memenuhi kewajibannya untuk berhaji antara tanggal 21–26 September.

 

Media lokal setempat dikutip dari voaindonesia.com, melaporkan insiden terjadi di tengah hujan deras yang mengguyur negara kerajaan ini sejak pagi.

 

Gubernur Mekkah, Pangeran Khalid Al-Faisal telah memerintahkan dilakukannya penyelidikan untuk mengetahui penyebab ambruknya derek berukuran sangat besar itu.

 

Tahun lalu, kerajaan ini telah memerintahkan pengurangan jumlah jemaah yang dapat berangkat untuk haji karena alasan keamanan karena adanya konstruksi di Masjidil Haram ini.

 


Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline