Pj Gubernur Riau Ungkap BUMD China Minat Bangun Jembatan Pakning-Bengkalis

Pj-Gubri13.jpg
(Dok. Pemprov Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Penjabat (Pj) Gubernur Riau, SF Hariyanto, memaparkan progres rencana pembangunan jembatan Sungai Pakning-Bengkalis. Ia menyebut sudah ada investor yang bersedia membangun jembatan ini.

Pj Gubri12(Foto: Dok. Pemprov Riau)

Hal ini disampaikan Pj Gubri saat safari Ramadan di Masjid Nur Ilham, Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis, Senin, 25 Maret 2024.

Pj Gubri11(Foto: Dok. Pemprov Riau)

“Sudah ada pihak dari BUMD di China yang berminat untuk membangun jembatan itu. Kami juga sudah berbincang dengan perwakilan dari BUMN China itu,” sebutnya.

Pj Gubri15(Foto: Dok. Pemprov Riau)

Dalam safari Ramadan yang dihadiri langsung Bupati Bengkalis, Kasmarni, Pj Gubri mengajak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis untuk bekerja sama mempersiapkan keperluan untuk mendukung terealisasinya pembangunan jembatan. Dengan artian berbagi kewenangan antara Pemkab, Pemprov dan juga pemerintah pusat.


Pj Gubri14(Foto: Dok. Pemprov Riau)

“Tugas kita berat, saya sudah minta jadwalkan  untuk bertemu salah satu Menko untuk membahas pembangunan jembatan ini. Nanti ibu bupati juga ikut langsung bertemu Menko di Jakarta,” katanya.

Pj Gubri16(Foto: Dok. Pemprov Riau)

Agar nantinya pembangunan jembatan ini cepat terealisasi, Pj Gubri mengajak Pemkab Bengkalis untuk berbagi kewenangan. Yakni Pemkab Bengkalis bertanggungjawab membebaskan lahan dan Amdal dan Pemprov Riau menyelesaikan Detail Enginering Desain (DED).

Pj Gubri17(Foto: Dok. Pemprov Riau)

“Jadi tidak bisa kerja sendiri. Kita harus bekerjasama. Kalau jembatan ini jadi akan sangat luar biasa, pulau Bengkalis tidak akan terpisah lagi lagi dari daratan pulau Sumatera,” ujarnya. 

Pj Gubri18(Foto: Dok. Pemprov Riau)

Sementara itu, Bupati Kasmarni berharap kunjungan Pj Gubri akan membawa dampak pada kemajuan Kabupaten Bengkalis.

Pj Gubri20(Foto: Dok. Pemprov Riau)

“Terima kasih atas kedatangan bapak Pj Gubernur Riau. Kami Pemerintah Kabupaten Bengkalis tentunya berharap dukungan untuk pembangunan dari Pemprov Riau. Terutama dalam mewujudkan rencana pembangunan jembatan terpanjang di Indonesia yakni jembatan Sungai Pakning-Pulau Bengkalis,” katanya.(Galeri Foto Pemprov Riau)