Pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam Sudah Ditahap RUU

Adv-Gubri3.jpg
(Dok Diskominfotik Riau)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Pekerja (BP) Pembentukan Kabupaten terus memperjuangkan pemekaran kabupaten/kota di Riau. Satu di antaranya rencana pembentukan Kabupaten Rokan Darussalam yang dimekarkan dari Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Jika resmi dimekarkan, maka Rodas akan berpisah dari Rohul.

Adv Gubri3

Dok. Diskominfotik Riau

Gubernur Riau, Syamsuar, mengatakan proses pemekaran sudah berjalan sebagaimana mestinya. Kini pun tengah menindaklanjuti perjalanan yang sudah dilakukan panitia pekerja.

Adv Gubri5

Dok. Diskominfotik Riau

"Proses pemekaran Rodas telah sampai di tahap Rancangan Undang-Undang (RUU), hingga kini BP Pembentukan Rodas terus berjuang untuk melengkapi persyaratan demi terwujudnya Kabupaten Rokan Darussalam," kata Syamsuar, Minggu 19 Maret 2023.

Adv Gubri6

Dok. Diskominfotik Riau

Syamsuar mengaku pihaknya akan menelusuri perkembangan RUU tersebut. Dengan adanya pemekaran, Syamsuar katakan, berpotensi mendapat APBN lebih besar.

Adv Gubri8


Dok. Diskominfotik Riau

Ia pun telah mengarahkan Asisten 1 melalui Kepala Biro Biro Tata Pemerintahan (Karo Tapem), untuk melakukan konsultasi ke Dirjen Otda terkait persyaratan yang menyangkut pemekaran daerah. 

Adv Gubri2

Dok. Diskominfotik Riau

"Tidak ada ruginya sebuah rencana pemekaran wilayah dikumandangkan asalkan tujuan pemekaran tersebut memang didasarkan terhadap kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat," tutupnya.

Adv Gubri4

Dok. Diskominfotik Riau

Selain Rodas, pemekaran juga disuarakan oleh masyarakat Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil) serta Duri yang masuk wilayah Kabupaten Bengkalis. Syamsuar berharap pemekaran Duri dari Bengkalis mampu menjadi daerah mandiri dan memiliki keunggulan yang khas.

Adv Gubri

Dok. Diskominfotik Riau

Pada kesempatan itu, Gubernur Syamsuar didampingi Asisten I Setdaprov Riau Masrul Kasmy dan Kepala Biro Tapem Setdaprov Riau Firdaus, di Kediaman Gubernur, pada Kamis, 16 Maret 2023. Sementara, hadir dari BP Pembentukan Kabupaten Rodas yakni, drg Chaidir selaku Ketua Dewan Pakar, Muzawir selaku Ketua Umum, dan perwakilan tokoh masyarakat Masperi.

Adv Gubri7

Dok. Diskominfotik Riau

Sebelumnya, pembahasan pemekaran wilayah pun pernah dibahas tim di kediaman Gubernur Riau, Syamsuar pada Rabu, 1 Februari 2023. Menurut Syamsuar sebagai langkah untuk mempercepat kemajuan daerah dimulai dari infrastruktur, pendidikan hingga perekonomian. (Adv Galeri Foto Pemprov Riau