Miris, Rekor Sempurna 40 Tahun Korea Selatan Kandas di Tangan Shin Tae-yong

Shin-Tae-yong14.jpg
(Twitter @EdanBolaRCBFM)

RIAU ONLINE - Rekor sempurna yang diraih Korea Selatan (Korsel) akhirnya kandas di tangan Pelatih Timnas Indonesia U-23, Shin Tae-yong. Shin Tae-yong memberikan pembuktian epic setelah dirinya didepak dari kursi pelatih timnas negaranya.

Timnas Indonesia U-23 mengalahkan Korsel lewat drama adu penalti dalam laga yang berlangsung di Stadion Abdullah bin Khalifa, Jumat, 26 April 2024, dini hari WIB.

Kedua tim sempat bermain imbang 2-2 hingga hingga 120 menit, diwarnai drama adu penalti, di akhiri dengan kemenangan 11-10 yang dipetik Garuda Muda.

Timnas Indonesia U-23 pun secara otomatis lolos ke semifinal Piala Asia U-23 2024, sekaligus mengandaskan peluang Korsel untuk lolos ke Olimpiade.


Sepanjang sejarahnya, Korsel tak pernah sekli pun absen dalam Olimpiade sejak digelar pada 1984 atau selama 40 tahun. Bahkan skuad Macan Asia itu mampu meraih medali perunggu pada Olimpiade 2012 London.

Mirisnya, sejarah kehebatan itu berakhir di tangan pelatih asal Korsel Shin Tae-yong, yang menjadi nakhoda Timnas Indonesia U-23.

Sempat dilempar telur daan dipecat pasca kegagalan di Piala Dunia 2018, ia melakukan pembuktian dengan memulangkan negaranya sendiri di Piala Asia U-23 2024, sebagaimana dilansir dari Suara.com.