Ini Penyebab yang Bikin Luis Milla Mundur dari Persib Bandung

Luis-Milla3.jpg
(Liga Indonesia Baru)

RIAU ONLINE, BANDUNG-Pelatih Persib Bandung, Luis Milla Aspas secara mendadak memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih Persib Bandung. Manajemen pun menyampaikan alasan terkait keputusan mengejutkan tersebut.

Luis Milla yang merupakan mantan pelatih Timnas Indonesia itu memilih mundur tak lama setelah Persib Bandung kembali gagal meraih kemenangan dalam laga pekan ketiga BRI Liga 1 2023-2024.

Persib Bandung menjamu Dewa United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Jumat (14/7/2023), tetapi cuma mampu bermain imbang 2-2.

Hasil itu membuat tim berjuluk Pangeran Biru belum juga mencatatkan kemenangan di BRI Liga 1 setelah pada dua laga sebelumnya juga hanya mampu bermain imbang kontra Madura United (1-1) dan Aerma FC (3-3).

Hanya berselang sehari pasca kegagalan meraih kemenangan atas Dewa United, Luis Milla memutuskan mundur pada Sabtu (15/7/2023). Manajemen Persib dengan berat hati menerima keputusan tersebut.


"Dengan berat hati Persib harus menyampaikan bahwa pertandingan melawan Dewa United semalam menjadi momen terakhir kebersamaan Luis Milla Aspas sebagai nakhoda," demikian pernyataan Persib Bandung di laman resminya.

Dalam keterangan tertulis itu, Persib menjelaskan bahwa alasan dibalik keputusan mundur Luis Milla adalah masalah pribadi. Mantan pemain Barcelona dan Real Madrid itu disebut harus segera pulang ke Spanyol untuk menyelesaikannya.

"Faktor persoalan pribadi menjadi alasan di balik pengampilan keputusan pelatih berusia 57 tahun tersebut. Untuk bisa menyelesaikan persoalan itu, Milla harus kembali ke Spanyol dan mencurahkan segenap perhatian dan konsentrasinya," tambah keterangan resmi Maung Bandung.

Meski tak menjelaskan secara rinci, Persib menyebut masalah pribadi yang menghinggapi Luis Milla sudah berlangsung cukup lama. Keputusan mundur ini pada akhirnya turut diikuti dua asistennya, Manuel Perez-Cascallana dan Carlos Grande Rodriguez.

Kepergian Milla nyatanya membuat petinggi Persib Bandung terkejut. Salah satu yang mengakui hal itu adalah Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Umuh Muchtar.

Dengan perginya Luis Milla, Persib Bandung lagi-lagi menjadi tim BRI Liga 1 pertama yang kehilangan pelatih kepala di awal musim. Pada musim 2022-2023, mereka juga mendepak Robert Rene Alberts yang kebetulan juga terjadi pasca laga pekan ketiga dikutip dari suara.com