Alasan David Beckham Man City Tidak Bisa Samai Treble Winners Man United

Manchester-City44.jpg
(instagram@mancity)

RIAU ONLINE, MANCHESTER-Catatan treble winners di Inggris masih dipegang Manchester United. Belum ada tim lain yang mampu menggapainya walau Manchester City berpeluang mendapatkannya.

Manchester City diambang mencatatkan sejarah sebagai tim kedua Inggris yang bisa merengkuh predikat treble winners usai menjuarai Piala FA 2022-2023, Sabtu (3/6/2023) malam WIB.

Man City juara Piala FA setelah membungkam rival sekotanya, Manchester United dalam laga final di Stadion Wembley, London. The Citizens menang dengan skor 2-1.

Keberhasilan mengamankan trofi Piala FA membuat tim asuhan Pep Guardiola untuk sementara sudah mengoleksi dua gelar juara musim ini.

Mereka pun berpeluang meraih yang ketiga lantaran bakal melawan Inter Milan di final Liga Champions 2022-2023.

Duel Manchester City vs Inter Milan di partai puncak kompetisi kasta tertinggi klub Eropa itu dijadwalkan berlangsung di Stadion Olimpiade Ataturk, Istanbul, Turki pada 11 Juni pukul 02.00 WIB mendatang.

Andai menang, Man City akan merengkuh treble winners, yakni perdikat yang diberikan kepada tim yang mampu meraih tiga gelar mayor sekaligus dalam satu musim dengan rincian satu trofi liga domestik, piala domestik dan Liga Champions.


Sejauh ini cuma Manchester United tim asal Inggris yang bisa melakukannya. Setan Merah merebut predikat spesial itu setelah menjuarai Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions di musim 1998-1999.

Kini, Man CIty berpeluang menyamainya. Kans mereka untuk menorehkan sejarah spesial itu bahkan cukup besar, meskipun Inter Milan juga bukan tim sembarangan yang pantas dipandang sebelah mata.

Legenda MU, David Beckham menjelaskan bahwa treble winners akan jadi prestasi istimewa bagi Manchester City andai mereka bisa mewujudkannya.

Namun, dia menekankan apa yang mungkin akan diraih The Citizens tidak akan sama dengan yang ditorehkan Manchester United. Pasalnya, sensasi menjadi yang pertama tidak akan bisa diulangi oleh siapapun atau tim manapun.

"Saya bilang kepada Noel [Gallagher, personel band Oasis yang merupakan fans Man City], bahkan kalau kalian memenangi trofi hari ini (Piala FA) dan Liga Champions, jika mereka memenangi treble, tentu saja itu prestasi istimewa bagi klub mana pun," kata David Beckham Manchester Evening News, Senin (5/6/2023).

"Namun, hanya satu klub yang memenanginya pertama kali, dan kami (Manchester United) adalah klub itu," tambahnya.

Lebih jauh, Beckham juga menjelaskan alasan sensasi treble winners Manchester United lebih spesial dibanding jika Manchester City dapat memenangkannya musim ini.

Menurut Beckham, Man United mampu menorehkan treble dengan mayoritas pemain akademi. Selain Beckham, mereka di antaranya adalah Gary dan Phil Neville, Ryan Giggs, Paul Scholes hingga Nicky Butt.

"Kami semua pemain didikan akademi klub. Pemain akademi yang hidup dan bernapas dari klub, dan bermain terus menerus, dan cara kami memenangkan itu (treble winners) untuk pertama kalinya, tidak akan pernah bisa dilakukan siapa pun lagi," kata Beckham dikutip dari suara.com

"Tapi saat mengangkat ketiga trofi dan memenangi treble, Anda selalu ingin pemain lain merasakan itu. Maka jika Man City bisa melakukannya, maka itu akan jadi momen luar biasa bagi mereka."