Timnas Indonesia U-22 Gilas Filipina 3-0 di SEA Games 2023

Timnas-U-22-3.jpg
([dok. PSSI])

RIAU ONLINE, PHNOM PENH-Timnas Indonesia U-22 tampil trengginas dengan mengalahkan Filipina 3-0 dalam laga perdana Grup A sepak bola SEA Games 2023, Sabtu (29/4/2023) sore WIB. 

Gol pertama Timnas Indonesia U-22 dicetak Marselino Ferdinan di penghujung akhir babak pertama. Sementara dua gol lagi dibukukan duo pemain pengganti, Irfan Jauhari dan Fajar Fatchurrahman di akhir-akhir babak kedua di laga yang digelar di Olympic Stadium, Phnom Penh.

Tim Merah Putih sejatinya bisa menang 4-0 andai Rizky Ridho tidak gagal mengonversi penalti di awal babak kedua.

Berikutnya, Timnas Indonesia U-22 sendiri akan menghadapi Myanmar di Grup A pada 4 Mei 2023.

Jalannya Pertandingan

Timnas Indonesia U-22 mendominasi permainan sejak dimulainya pertandingan di Olympic Stadium. Namun, kelihatan tidak mudah bagi Witan Sulaeman dan kawan-kawan menembus pertahanan Filipina yang solid dan teorganisir.

Timnas Indonesia U-22 sempat mendapat peluang saat laga memasuki menit keenam. Namun, Witan Sulaeman gagal memanfaatkan peluang tersebut.

Sulit sekali bagi skuad Garuda mengeluarkan permainan terbaik di babak pertama ini. Kelihatan tim Merah Putih masih suka salah passing dan tak bisa memanfaatkan peluang yang ada untuk menembus pertahanan Filipina.

Sedangkan Filipina di kurung pertahanannya oleh Timnas Indonesia U-22. Tetapi, mereka cukup berbahaya ketika melakukan serangan, meski masih bisa diantisipasi Rizky Ridho Cs.


Timnas Indonesia U-22 terus mendominasi pertandingan hingga akhir babak pertama. Percobaan dari segala lini sudah dilakukan, namun tidak berhasil.

Gol yang ditunggu akhirnya datang di akhir babak pertama. Umpan tarik Rio Fahmi dieksekusi dengan sempurna oleh Marselino Ferdinan yang mengubah kedudukan menjadi 1-0.

Gol Marselino bertahan sampai babak pertama usai. Timnas Indonesia U-22 sementara unggul tipis 1-0 atas Filipina di babak pertama.

Babak kedua jalannya pertandingan tidak banyak berubah. Timnas Indonesia U-22 masih kuasai permainan di awal babak kedua ini.

Witan Sulaeman Cs masih terus menekan sejak babak kedua dimulai. Namun, Filipina semakin kokoh menjaga pertahanannya.

Timnas Indonesia U-22 sempat mendapat peluang dari titik putih setelah Witan dilanggar di area terlarang pada menit 59. Tetapi sayang Rizky Ridho yang dipercaya sebagai algojo tendangannya mampu dipatahkan kiper Filipina yang membuat kedudukan tetap 1-0.

Timnas Indonesia U-22 terus bombardir pertahanan Filipina. Penyelesaian akhir yang dilakukan menjadi sorotan lantaran selalu gagal berbuah gol.

Sementara Filipina terlihat masih sangat kesulitan keluar dari tekanan pemain-pemain Timnas Indonesia U-22. Segala upaya telah dilakukan, tetapi selalu gagal menembus pertahanan Garuda Muda.

Usaha Timnas Indonesia U-20 akhir nya berhasil pada menit ke-89. Mendapatkan umpan manja, Irfan Jauhari dengan tenang memasukan bola ke dalam gawang Filipina sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-0.

Rio Fahmi lagi-lagi menunjukan kelasnya tidak lama gol tersebut terjadi. Pemain Persija itu kembali membuat assist indah untuk gol yang diciptakan oleh Fajar Fatturachman yang mengubah skor jadi 2-0.

Tidak ada lagi gol tercipta sampai peluit tanda berakhirnya pertandingan dibunyikan. Timnas Indonesia U-22 menang telak 3-0 dikutip dari suara.com

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia U-22 XI (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Rio Fahmi, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Beckham Putra, Ananda Raehan, Marselino Ferdinan, Ramadhan Sananta, Jeam Kelly Sroyer.

Pelatih: Indra Sjafri

Timnas Filipina U-22 XI (4-3-3): Julian Kammeraad; Santiago Rublico, Kamil Jaser Rendon Amirul, Jacob Pena, Yrick Gallantes; Gavin Muenz, Noah River Leddel, David Kevin Setters; Dennis Salazar Chung, Pocholo Bugas, Ndres Rafael Aldeguer.

Pelatih: Robert James Gier