Timnas Indonesia Bakal Pakai Taktik Possession Football di SEA Games 2023, Apa Itu?

Timnas-Indonesia0.jpg
(dok. PSSI via Suara.com)

RIAU ONLINE - Timnas Indonesia U-22 kemungkinan akan menggunakan Possession Football di SEA Games 2023. Hal ini sebelumnya di ungkap oleh Bek Timnas Indonesia U-22, Komang Tri Arta. Taktik ini belakangan menjadi perbincangan.

Possession Football telah diterapkan selama pemusatan latihan atau training camp (TC) Timnas Indonesia U-22 di Jakarta jelang SEA Games 2023.

"Coach Indra mengajarkan kita harus bermain dari bawah, passing harus jalan, dan instruksi beliau, kita harus berani build-up dari belakang,” kata Komang dilansir dari Suara.com, Minggu, 9 April 2023.

Possession Football merupakan strategi tim sepak bola yang mempertahankan bola selama mungkin untuk menciptakan peluang mencetak gol dan mencetak lawan dari ancaman ke gawang tim.


Possession Football dipercaya sebagai strategi yang baik dalam memenangkan pertandingan.

Tim sepak bola harus mampu menjauhkan bola dari lawan yang memiliki lebih banyak tembakan dan mencetak lebih banyak gol.

Sementara secara defensif mereka kebobolan lebih sedikit tembakan dan akibatnya lebih sedikit gol.

Timnas Indonesia U-22 terhindar dari grup neraka dalam SEA Games 2023. Tim Merah Putih tergabung di Grup A bersama tuan rumah Kamboja, Filipina, Myanmar, dan Timor Leste.

SEA Games 2023 akan bergulir pada 5-17 Mei mendatang. Namun, khusus cabang olahraga (cabor) sepak bola akan berlangsung lebih cepat mulai 29 April mendatang.