Pertama Dalam Sejarah Wasit Keluarkan Kartu Putih saat Laga Benfica Vs Sporting Lisbon

Kartu-Putih.jpg
(Twitter/@B24PT)

RIAU ONLINE, LISBON-Peristiwa pertama dalam sejarah sepakbola terjadi saat wasit mengacungkan kartu putih dalam sebuah laga resmi sepak bola.

Kejadian itu terjadi pada laga perempat final Piala Wanita Portugal yang mempertemukan Benfica kontra Sporting Lisbon, Sabtu (21/01/2023).

Seperti diberitakan Sky Sports, kartu putih tersebut dikeluarkan oleh wasit Catarina Campos ketika tim medis kedua tim langsung bergerak cepat menolong seorang pendukung yang terlihat pingsan di tribun.

Catarina Campos mengeluarkan kartu putih tersebut sebagai sebuah pujian atas tindakan fair play yang dilakukan tim medis kedua tim sebelum turun minum.

Seluruh pendukung kedua tim yang hadir pada laga yang mentas di Estadio da Luz tersebut sontak bertepuk tangan dan bersorak setelah wasit mengacungkan kartu putih tersebut.


Kartu ini diperkenalkan oleh otoritas sepak bola Portugal sebagai bagian dari sebuah pergerakan baru untuk mendorong tim-tim yang berlaga untuk menunjukkan sikap sportif dan fair play.

Kartu putih ini bisa diberikan oleh wasit kepada seluruh komponen yang terlibat dalam sebuah pertandingan apabila melakukan tindakan yang dinilai fair play.

Hal tersebut juga sangat penting untuk sebuah pertandingan untuk meningkatkan etika bukan hanya dalam sebuah pertandingan sepak bola namun juga dalam semua cabang olah raga.

Sementara ini, kartu putih ini baru diberlakukan di Portugal saja. Belum ada kabar lanjutan terkait liga Eropa lainnya yang kemungkinan akan menggunakan peraturan ini termasuk di Liga Inggris.

Apabila ada sebuah peraturan baru di dalam sebuah pertandingan sepak bola, FA sebagai otoritas sepak bola tertinggi Inggris harus mendiskusikannya terlebih dulu.

Setelah itu harus diputuskan apakah peraturan baru tersebut bisa menjadi opsi untuk dipraktekkan di sebuah pertandingan Liga Inggris.

Akan menjadi sebuah pemandangan yang unik apabila kartu putih diperkenalkan di Liga terbaik di dunia tersebut.

Apabila kompetisi terbaik sekelas Liga Inggris sudah memberlakukan peraturan tersebut, bukan tidak mungkin liga-liga lainnya akan mengikutinya dari suara.com