Bantu Argentina, Wasit Final Piala Dunia 2022 Ngaku Salah Rugikan Prancis

Wasit-Szymon-Marciniak-bersama-Lionel-Messi.jpg
(AP Photo/Jorge Saenz via Liputan6.com)

RIAU ONLINE - Szymon Marciniak, yang bertindak sebagai wasit final Piala Dunia 2022 mengakui kesalahannya saat memimpin partai puncak antara Argentina vs Prancis. Dia mengaku sedikit membantu Tim Tango dan merugikan Les Blues.

Akhir duel Argentina vs Prancis dimenangkan oleh wakil Amerika Selatan lewat babak adu penalti yang berkesudahan 4-2 setelah bermain imbang 3-3 selama 120 menit.

Szymon Marciniak dalam laga penuh drama itu memberikan tiga hadiah penalti, dua untuk Prancis dan satu untuk Argentina yang berbuah gol pembuka La Albiceleste.

Keputusan Marciniak dalam sejumlah momen banyak yang dipertanyakan oleh berbagai pihak. Sedikitnya sang pengadil dengan VAR dalam berbagai keputusan krusial yang diambilnya menjadi paling disoroti.

Kini, Marciniak mengakui telah membuat kesalahan dadlam memimpin pertandingan final Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Lusail Iconic Stadium itu.


"Tentu saja ada kesalahan di final ini. Saya menginterupsi serangan balik Prancis setelah tekel buruk dari Marcos Acuna," kata Marciniak dalam laman 90Min, dikutip dari Suara.com, Senin, 26 Desember 2022.

“Saya takut pemain yang dilanggar ingin bersantai, dan saya salah membacanya karena tidak terjadi apa-apa, dan Anda dapat memberikan keuntungan [agar laga terus berjalan--Red] sebelum kembali untuk memberikan kartu [kepada pemain yang melanggar--Red]."

Marciniak mengakui memimpin partai sekelas final Piala Dunia 2022 sangat berat. Kendati begitu, dia menyebut tidak ada kesalahan besar yang dia lakukan pada pertandingan yang disorot oleh miliaran mata tersebut.

"Sulit. Dalam pertandingan seperti ini, saya melakukan kesalahan dalam kegelapan. Yang penting tidak ada kesalahan besar," jelas wasit asal Polandia tersebut.

Sementara itu, surat kabar Prancis L'Equipe mengklaim gol Lionel Messi untuk membawa Argentina unggul 3-2 seharusnya tidak sah karena sebelum gol terjadi, para pemain cadangan Argentina terlihat sudah masuk ke dalam lapangan.