Timnas Indonesia Susah Payah Kalahkan Kamboja di Piala AF 2022

Pemain-timnas-indonesia20.jpg
(Dok PSSI)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Timnas Indonesia susah payah kalahkan Kamboja di Piala AF 2022. Timnas Indonesia mengalahkan Timnas Kamboja 2-1 dalam laga Grup A di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (23/12/2022) sore.

Meski tampil di bawah standar dan hanya menang tipis, Timnas Indonesia tetap patut diapresiasi usai mengawali kampanye Piala AFF 2022 mereka dengan kemenangan.

Dengan kemenangan ini, Timnas Indonesia kini mengoleksi 3 poin di Grup A, sama seperti Kamboja yang sudah bermain dua kali dan Thailand yang baru bermain sekali.

Di SUGBK, Timnas Indonesia gencar menekan lawannya sejak menit awal. Skuad Garuda bahkan sempat membuat gol pada menit kedua melalui Egy Maulana Vikri, tetapi dianulir wasit lantaran offside.

Terus menyerang, tim asuhan pelatih Shin Tae-yong akhirnya mencetak gol pertama pada menit ketujuh melalui sepakan Egy. Egy memanfaatkan umpan silang dari Pratama Arhan.

Tujuh menit kemudian, giliran Witan Sulaeman yang melepaskan sepakan. Akan tetapi, bola membentur tiang gawang.


Kiper Indonesia Nadeo Argawinata melakukan penyelamatan pada menit ke-15 dari percobaan Kamboja Sien Chanthea. Tak sampai beberapa detik setelahnya, Kamboja mampu menyamakan skor melalui sundulan Saret Krya.


Kejutan dari Kamboja membuat timnas Indonesia tersengat. Mengandalkan aliran bola dari sisi sayap, Indonesia mampu kembali menjadi yang terdepan setelah Witan Sulaeman melesakkan bola ke dalam gawang dengan kaki kirinya pada menit ke-35.


Tidak ada gol lain tercipta usai upaya Witan tersebut. Serangan-serangan balik Kamboja mampu dibaca dengan baik oleh lini pertahanan Indonesia yang diperkuat bek tengah debutan Jordi Amat. Jordi baru dinaturalisasi menjadi WNI pada November 2022.

Indonesia pun memimpin babak pertama dengan skor 2-1.

Masuk babak kedua, Timnas Indonesia tak mengendurkan serangan meski sudah unggul dikutip dari suara.com

Witan mendapatkan peluang emas pada menit ke-49. Sayang, tendangan winger klub Slovakia, AS Trencin ini masih melebar di sisi kiri gawang Kamboja.


Pada menit ke-57, Kamboja mendapatkan peluang lewat Sa Ty. Berawal dari umpan terobosan, tendangan Sa Ty masih dapat diblok pemain belakang Indonesia. Hingga menit ke-65, skor masih 2-1 untuk keunggulan Indonesia.

Di sisa waktu laga, Indonesia terus mencari gol tambahan. Mendapat sejumlah peluang bagus lewat Witan dan dua pemain pengganti; Saddil Ramdani dan Ilija Spasojevic, skuad Garuda gagal mencetak gol ketiganya.

Kemenangan 2-1 berhasil diamankan pasukan Shin Tae-yong pada laga perdananya di Piala AFF 2022.

Susunan Pemain:

Timnas Indonesia XI: Nadeo Arga Winata, Jodri Amat, Fachruddin Aryanto, Pratama Arhan / Yakob Sayuri, Asnawi Mangkualam / Edo Febriansah, Marc Klok, Ricky Kambuaya, Marselino Ferdinan, Witan Sulaeman/ Dendy Sulistyawan, Egy Maulana Vikri / Saddil Ramdani, M Rafli / Ilija Spasojevic.

Pelatih: Shin Tae-yong (Korea Selatan)


Timnas Kamboja XI: Keo Soksela, Seut Baraing, Saret Krya, Choun Chanchav Tes Sambath, Souy Visal, In Sodavid, Lim Pisoth, Orn Champlain, Sleng Chanthea, Reung Bunheing.

Pelatih: Keisuke Honda/ Ryu Hirose (Jepang)