Pemerintah Resmi Lanjutkan Liga 1 2022/2023 tanpa Penonton

Mahfud-MD6.jpg
(Suara.com/Adie Prasetyo Nugraha)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pemerintah resmi lanjutkan liga 1 2022/2023 tanpa penonton. Pemerintah akhirnya mengumumkan secara resmi Liga 1 2022/2023 dilanjutkan setelah sempat mengambang, Senin (5/12/2022) sore.

Kabar itu disampaikan langsung oleh Melkopolhukam Mahfud MD, Menpora Zainudin Amali, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ini setelah ketiganya melakukan pertemuan singkat di Gedung Kemenkopolhukam, Jakarta. Dalam pengumumannya disebut liga dijalankan demi kepentingan sepak bola Tanah Air.

"Saya mewakili pemerintah bersama pak Menpora, pak kapolri untuk menyampaikan kebijakan pemerintah tentang kegiatan sepak bola sesudah peristiwa Kanjuruhan," kata Mahfud MD dalam konferensi pers, Senin (5/12/2022).

"Sekarang pemerintah akan mengumumkan liga itu akan diselesaikan sesuai jadwal yang sudah ditentukandan PSSI akan mengendalikan ini. Pak Kapolri sudah menjamin dari segi keamanan, penyelesaian sepak bola dan itu diizinkan tanpa ada penonton," terang Mahfud MD.


Menpora Zainudin Amali menegaskan liga kembali dilanjutkan dengan beberapa perubahan.

Seperti komitmen perbaikan yang dilakukan oleh pemerintah, PSSI, dan FIFA.


"PSSI akan melaksanakan (liga) dengan panduan ketat berasama Polri dan kementerian terkait. Kompetisi sangat dibutuhkan oleh timnas, karena sebentar lagi (Piala) AFF," ia menambahkan.

Adapun Liga 1 2022/2023 dijadwalkan kick-off pada 5 Desember hari ini. Berbeda dari sebelumnya, kompetisi akan berlangsung dengan sistem bubble tanpa penonton di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Namun, rencananya format tersebut hanya sampai putaran pertama selesai. Kemudian, Liga 1 akan kembali seperti semula dikutip dari suara.com

"Menambahkan dari apa yang disampaikan, Polri sangat mendukung kompetisi atau kegiatan olahraga. Terkait dengan adanya peristiwa Kanjuruhan, ada perintah dari pak presiden (Joko Widodo) evaluasi secara tuntas seperti kesiapan stadion, sistem kemanan dan kami sudah melakukan rakor dengan kementerian terkait untuk melakukan perubahan sesuai dengan arahan pak presiden, termasuk khusus Polri, telah mengeluarkan Perpol, pengamanan olahraga," terang Kapolri Listyo Sigit.