´╗┐

Performa Menurun, CR7 Jadi Cadangan di Piala Dunia 2022?

Ronaldo-Timnas.jpg

RIAU ONLINE, LISBON-Performa Ronaldo yang menurun membuat Ketua Umum PSSI Portugal, Fernando Gomes buka suara soal kemungkinan Cristiano Ronaldo cuma jadi pemain cadangan di Piala Dunia 2022 Qatar. Dia menyerahkan semua keputusan ke pelatih Fernando Santos.

Isu Cristiano Ronaldo tak lagi jadi bagian penting Timnas Portugal di Piala Dunia 2022 mencuat seiring menurunnya performa sang mega bintang musim ini.

Ketika Piala Dunia 2022 tinggal berjarak 10 hari lagi, Cristiano Ronaldo tak juga menunjukkan penampilan meyakinkan di lini depan Manchester United.

Pada laga terakhirnya ketika Manchester United kalah 1-3 dari Aston Villa dalam lanjutan Liga Inggris 2022-2023, Cristiano Ronaldo tampil buruk.

Bermain sejak menit pertama dengan mengenakan ban kapten menyusul absennya Harry Maguire dan Bruno Fernandes, striker 37 tahun itu tampil mengecewakan.


Jangankan gol atau assist, Cristiano Ronaldo bahkan kesulitan untuk menciptakan peluang bagi rekan satu timnya dalam laga di Villa Park itu.


Tercatat, selama 90 menit berada di atas lapangan, CR7 --julukan Cristiano Ronaldo-- cuma mampu melepaskan tiga tembakkan yang mirisnya hanya satu yang mengarah ke gawang.

Performa buruk itu memunculkan spekulasi bahwa Cristiano Ronaldo tak akan jadi tumpuan Timnas Portugal di Piala Dunia 2022. Dia mungkin dipanggil tetapi hanya akan menghuni bangku cadangan.

Isu itu kemudian ditanyakan media Spanyol Marca kepada Ketua Federasi Sepak Bola Portugal (FPF), Fernando Gomes. Orang nomor satu di FPF itu pun menjawabnya dengan diplomatis.

"Ini adalah pertanyaan yang bukan untuk saya jawab. Saya tidak pernah ikut campur dan sampai saya menyelesaikan waktu saya di Federasi, saya tidak akan pernah memasuki area yang merupakan kompetensi eksklusif pelatih," kata Fernando Gomes dikutip dari Marca, Kamis (10/11/2022).

Meski enggan menjawab pertanyaan itu, Fernando Gomes menekankan bahwa Cristiano Ronaldo masih sosok penting untuk Timnas Portugal. Terlepas dari usianya, dia adalah salah satu pesepak bola terbaik sejagat yang kehadirannya dianggap bisa meningkatkan moral Selecao das Quinas.

"Harus diingat bahwa perjalanan Ronaldo melalui tim nasional, seperti banyak pemain lainnya, tak terlupakan. Kita semua harus merasa terhormat telah menjalani masa ketika tim kita menyatukan begitu banyak bakat bersama, dengan Ronaldo sebagai pemimpin, dan hasilnya adalah apa yang kita ketahui," tegas Fernando Gomes.

Cristiano Ronaldo berhasil membawa Timnas Portugal menjadi juara EURO 2020. Saat itu, dia tampil cukup impresif meski tidak mampu tampil penuh di laga final kontra Prancis karena dibekap cedera.