Pep Guardiola Puji Aksi Phil Foden saat Manchester City Lumat Sevilla 4-0

Phil-Foden2.jpg
([NIGEL RODDIS / AFP])

RIAU ONLINE, SEVILLA-Manajer Manchester City, Pep Guardiola puji aksi Phil Foden saat City lumat Sevilla 4-0. Guardiola menyakini gol dan assist yang dibukukan Phil Foden saat The Citizens di laga pertama Grup G Liga Champions akan membantu anak asuhnya itu menemukan kembali performa terbaiknya.

Foden mencetak gol kedua City dalam pertandingan itu lewat kejeliannya memperdaya Nemanja Gudelj setelah menerima umpan dari Joao Cancelo, sebelum melesakkan bola ke pojok bawah gawang tuan rumah di Ramon Sanchez Pizjuan, Andalusia, Spanyol, Rabu (7/9/2022) dini hari WIB.

Lantas pada menit ke-67 bola tendangan Foden tak bisa dimentahkan secara sempurna oleh kiper Bono dan segera disambar oleh Erling Haaland untuk menjadi gol ketiga City.

Foden terakhir kali mencetak gol saat City menghabisi Bournemouth di Liga Inggris pada 13 Agustus lalu. Sesudahnya Foden hanya menyumbangkan dua assist sebelum laga kontra Sevilla ini.


"Belakangan dia tidak bermain sebaik biasanya, tapi dia selalu melakukan pekerjaannya, terus berlari dan berjuang untuk tim," kata Guardiola seperti dimuat laman resmi UEFA, Rabu.

"Saya yakin gol dan assist yang diperolehnya hari ini akan banyak membantu Foden," pelatih asal Spanyol itu menambahkan.

Guardiola bahkan secara khusus menyebut gol kedua City yang dicetak Foden sebagai momentum yang memudahkan timnya menjalani sisa waktu pertandingan kontra Sevilla.

"Kami ingin menyerang cepat di babak pertama. Ketika mereka bermain lebih baik, kami mencetak gol kedua lewat aksi brilian dari Phil. Sesudah itu segalanya menjadi lebih mudah," kata Guardiola dikutip dari suara.com

Kemenangan telak mengantarkan City duduk di puncak klasemen sementara Grup G di atas Borussia Dortmund yang di laga lebih awal "hanya" menang 3-0 atas FC Coppenhagen.

Di pertandingan selanjutnya, City akan menjamu Dortmund di Etihad pada Rabu (14/9) pekan depan.