Dikalahkan Dinamo Zagreb, Pelatih Chelsea Thomas Tuchel Dipecat

Thomas-Tuchel2.jpg
(PAUL ELLIS / AFP)

RIAU ONLINE, LONDON-Dikalahkan Dinamo Zagreb, pelatih Chelsea Thomas Tuchel dipecat. Chelsea memutuskan pecat Thomas Tuchel. Namun baiknya, Chelsea tidak melupakan perjuangan Thomas Tuchel selama jadi pelatih. Bahkan Thomas Tuchel layak masuk sejarah Chelsea dengan predikat baik.

Jaga tangis Anda, karena kita nostalgia dengan perjalanan Thomas Tuchel selama melatih Chelsea.

Jejak kaki Thomas Tuchel pertama kali membekas di Chelsea pada 26 Januari 2021, Tuchel menandatangani kontrak 18 bulan. Jika bagus, dalam kontrak itu, dia terus akan diperpanjang.

Baru saja teken kontrak, Thomas Tuchel pun bikin sejarah sebagai orang Jerman pertama yang ditunjuk sebagai pelatih kepala klub.

Pada muslim liga 2020–2021, untuk pertama kalinya Thomas Tuchel ambil alih pertandingan pertama. Namun hanya hasil imbang tanpa gol di kandang melawan Wolverhampton Wanderers. Hanya saja sebuah pertandingan yang mencatat rekor penguasaan bola terbanyak yaitu 78,9 persen.

Di hari-hari berikutnya Thomas Tuchel mengantarkan Chelsea memenangkan pertandingan pertamanya pada 31 Januari, mengalahkan Burnley 2-0. Lalu memenangkan derby London pertamanya (dan pertandingan tandang pertamanya) dengan mengalahkan Tottenham Hotspur 1-0 pada 4 Februari.

Pada tanggal 11 Februari, Tuchel membimbing Chelsea ke perempat final Piala FA dengan kemenangan tandang 1-0 atas tim EFL Championship Barnsley, memperpanjang rekor tak terkalahkannya menjadi lima pertandingan.

Pada tanggal 8 Maret, rekor tak terkalahkan Tuchel diperpanjang menjadi sebelas pertandingan setelah kemenangan kandang 2-0 di liga atas Everton, menjadi pelatih kepala pertama dalam sejarah Liga Premier yang menjaga clean sheet kandang berturut-turut dalam lima pertandingan kandang pertama mereka.


Lalu rekor tak terkalahkan berakhir pada 14 pertandingan, dengan kekalahan kandang 5-2 melawan West Bromwich Albion pada 3 April.

Thomas Tuchel mengantarkan Chelsea ke Final Liga Champions menyusul kemenangan agregat 3-1 atas Real Madrid di semi-final, menjadi pelatih pertama yang mencapai final berturut-turut dengan dua klub berbeda.

Lalu Thomas Tuchel memimpin Chelsea menuju kejayaan Eropa dengan kemenangan 1-0 atas Manchester City di final.

Hasil bagus di musim pertamanya, Thomas Tuchel pun diperpanjang kontrak.

Musim 2021–2022

Peran penuh Thomas Tuchel di musim kedua pegang Chelsea mulai terasa. Dia pun mulai mengatur transfer pemain untuk memperkuat berbagai lini.

Saat itu dia salah satunya mengontrak Saúl íguez dengan status pinjaman selama satu musim dari Atlético Madrid. Racikannya pun benar, Chelsea memulai musim dengan delapan pertandingan tak terkalahkan beruntun, lalu memenangkan Piala Super UEFA.

Chelsea pun sempay mencatat kemenangan skor tertinggi mereka di bawah Tuchel, kemenangan kandang 4-0 atas Malmö di Liga Champions. Belum sampai di situ, kemudian Chelsea memulai 12 pertandingan tak terkalahkan di semua kompetisi, yang berpuncak pada kekalahan tandang 3-2 melawan West Ham United pada 4 Desember.

Lalu Thomas Tuchel memimpin Chelsea ke Final Piala EFL 2022 menyusul kemenangan agregat 3-0 di semifinal atas rival sekota Tottenham Hotspur. Namun Chelsea kalah di final melawan Liverpool melalui adu penalti.

Namun Chelsea memenangkan Piala Dunia Antarklub FIFA. Ini kemenangan Piala Dunia Antarklub pertama Chelsea dikutip dari suara.com

Musim 2022–2023

Di musim ini merupakan hal paling buruk untuk Thomas Tuchel. Dia dikeluarkan dari lapangan pada akhir hasil imbang 2-2 dengan Tottenham Hotspur setelah konfrontasi dengan Antonio Conte di akhir pertandingan.

Akhirnya pada 7 September 2022, Thomas Tuchel dipecat sebagai manajer tim menyusul kekalahan 1-0 The Blues dari Dinamo Zagreb.