Vitenam dan Thailand Tumbang, Malaysia vs Laos di Final Piala AFF U-19, Karma is Real?

Prmain-Timnas-Vietnam-U-19-2.jpg
([VFF])

RIAU ONLINE, BANDUNG-Laos U-19 membuat kejutan dengan mengalahkan Thailand U-19 dalam laga semifinal Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/7) malam WIB. Skornya 2-0.

Gol Laos dicetak oleh Peeter Phanthavong di menit 8 dan Damoth Thongkhamsavath di menit 85. Thailand tampak mati akal menembus pertahanan ketat pasukan Hans Michael Weiss.

Dengan begini, Laos akan menantang Malaysia di final Piala AFF U-19. Sebelumnya, 'Harimau Malaya' mengalahkan Vietnam dengan skor 3-0 pada hari dan stadion yang sama di sore hari. Laga final akan dihelat di Stadion Patriot juga pada 15 Juli 2022.

Rangkuman Laga Thailand vs Laos di Piala AFF U-19

Thailand melakukan tekanan sejak awal laga. Di menit 5, ada dua peluang tembakan akurat beruntun di kotak penalti Laos yang mereka buat, yakni dari sepakan pemain bernama Phanthamit Praphanth dan Nattakit Butsing. Namun, bola bisa ditepis kiper Laos, Phounin Xayyasone.


Laos mencetak gol di menit 8. Berawal dari sepak pojok, lalu terjadi kemelut. Bola liar disambar oleh pemain bernama Peeter Phanthavong dengan sepakan kerasnya untuk mencetak gol.

Peeter nyaris mencetak gol kedua di menit 22. Mendapat ruang di kotak penalti, ia melepas tendangan keras yang akurasinya masih di atas mistar Thailand.

Thailand bukannya tanpa peluang, mereka justru lebih sering menguasai bola dan lebih aktif menyerang. Namun, serangan mereka beberapa kali bisa dibaca pertahanan Laos. Ketika menemukan celah menembak, pemain Thailand akurasinya melebar.

Laos beberapa kali coba menyerang via serangan balik. Mereka juga memanfaatkan kelengahan para pemain Thailand. Pada babak kedua, mereka semakin mengetatkan pertahanan, sehingga Thailand kian kesulitan. Apresiasi juga untuk Phounin Xayyasone yang amat sigap sebagai kiper Laos.

Thailand mendapat peluang emas di menit 78. Niphitphon Wongpanya melepas tendangan datar di kotak penalti Laos, bola sudah melewati Phounin, tetapi bola di bibir garis gawang diblok oleh bek Laos.

Di menit 85, Laos mencetak gol lagi. Damoth Thongkhamsavath melepas tendangan akurat di kotak penalti Thailand, bola masuk jadi gol. Tak ada lagi gol tercipta hingga bubar, skor akhir 2-0 dikutip dari kumparan.com

Sebelumnya Thailand dan Vietnam dianggap memainkan sepak bola gajah dengan bermain aman setelah menceploskan masing-masing satu gol ke gawang lawan dan dianggap sebagai usaha untuk menghindari bertemu dengan Timnas U-19 Indonesia.